Polres amankan senjata peserta kampanye pilkada Bantul

id polres

Polres amankan senjata peserta kampanye pilkada Bantul

Ilustrasi polisi (istimewa)

Bantul (Antara) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengamankan sejumlah senjata yang dibawa peserta kampanye terbuka pasangan calon bupati dan wakil bupati Bantul pada pemilihan kepala daerah serentak 2015, Minggu.

"Ada beberapa senjata seperti pentungan, besi, dan kayu yang kita amankan," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul, AKBP Dadiyo di sela pengamanan kampanye terbuka tersebut di Bantul.

Meski demikian, pihaknya belum dapat memastikan berapa jumlah senjata dibawa simpatisan yang hadir dalam kampanye pasangan Suharsono-Abdul Halim Muslih (Harsono-Halim) yang dipusatkan di Lapangan Desa Ringiharjo itu.

Demikian pula berapa peserta kampanye yang diamankan polisi karena membawa senjata tersebut mengingat saat itu pihaknya masih melakukan pengamanan terhadap kampanye yang dilanjutkan dengan konvoi sepeda motor.

"Perlu kami cek terlebih dahulu karena tadi masih di lapangan, namun yang jelas tadi sudah ada beberapa yang kita amankan," katanya.

Ia mengatakan dalam pengamanan kampanye terbuka ini, selain fokus pada senjata yang dibawa peserta kampanye pihaknya juga fokus pada kendaraan terutama roda dua yang menggunakan knalpot blombongan.

"Terkat knalpot blombongan jelas itu melanggar aturan, makanya kita lihat nanti. Namun yang jelas kita amankan itu (senjata) dulu, karena kita skala prioritas," kata AKBP Dadiyo.

Menurut dia, dalam pengamanan jalannya kampanye terbuka kali ini pihaknya juga dibantu personel polisi dari Polda DIY dan Brimob dengan menerjunkan sekitar seribu personel.

Ia mengatakan, pengamanan kampanye selain dilakukan di lokasi kampanye terbuka yaitu Lapangan Ringinharjo, juga di sepanjang jalan wilayah hukum setempat yang dilalui peserta konvoi.

(KR-HRI)