10 kantor kelurahan-kecamatan Yogyakarta dirombak 2016

id kota yogyakarta

10 kantor kelurahan-kecamatan Yogyakarta dirombak 2016

Pemkot Yogyakarta (Foto Istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Sebanyak 10 kantor kelurahan dan kecamatan di Kota Yogyakarta akan dirombak pada tahun depan sebagai kelanjutan program rehabilitasi bangunan perkantoran di wilayah yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir.

"Ada beberapa bangunan perkantoran di wilayah yang membutuhkan perbaikan agar pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan lebih representatif," kata Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana di Yogyakarta, Senin.

Perombakan bangunan kantor pelayanan di wilayah pada 2016 akan dilakukan terhadap enam kantor kecamatan yaitu Kecamatan Kotagede, Umbulharjo, Jetis, Ngampilan, Wirobrajan, dan Danurejan. Sedangkan empat kantor kelurahan yang akan diperbaiki adalah Kelurahan Baciro, Bener, Pakuncen dan Suryodiningratan.

Kebutuhan dana untuk perbaikan tiap kantor kelurahan dan kecamatan berbeda-beda, namun rata-rata mencapai sekitar Rp2 miliar hingga Rp3 miliar.

Perbaikan kantor kelurahan dan kecamatan yang dilakukan secara intensif dalam beberapa tahun terakhir oleh Pemerintah Kota Yogyakarta berkaitan erat dengan pelaksanaan pelayanan satu atap di kecamatan.

Masyarakat dapat mengakses beberapa jenis pelayanan publik seperti mengurus berbagai perizinan melalui kecamatan sehingga tidak perlu datang ke Balai Kota Yogyakarta.

Meskipun demikian, Pemerintah Kota Yogyakarta belum bisa melakukan perbaikan untuk tiga kantor kecamatan yaitu Pakualaman, Gondomanan dan Gedongtengen karena berbagai faktor teknis.

Kantor Kecamatan Gedongtengen berada di dekat Stasiun Tugu sehingga dimungkinkan akan terdampak penataan Stasiun Tugu, sedangkan kantor Kecamatan Pakualaman rencananya akan dipindah, dan kantor Kecamatan Gondomanan belum disentuh karena akses masuknya sangat sempit.

Selain memperbaiki kondisi kantor kecamatan dan kelurahan, DBGAD Kota Yogyakarta juga akan membangun gedung khusus untuk menyimpan server di kompleks Balai Kota Yogyakarta dan memindahkan kantor Inspektorat ke utara kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Bekas kantor Inspektorat yang ada di Jalan Veteran akan dimanfaatkan sebagai posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta.

"Kami juga merencanakan perbaikan dua layanan kesehatan yaitu Puskesmas Jetis dan Puskesmas Pembantu Bener tahun depan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta Zenni Lingga mengatakan akan melakukan pengadaan tanah untuk lokasi kantor Kecamatan Pakualaman yang baru. Pengadaan tanah akan dilakukan sesuai aturan yaitu berdasarkan nilai appraisal. ***3***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024