Kulon Progo dapat bantuan "alsintan" dari Kemtan

id alat pertanian

Kulon Progo dapat bantuan "alsintan" dari Kemtan

Kalangan kelompok tani di Kabupaten Kulon Progo, DIY, mendapat bantuan lima traktor dan pompa air dari Kementerian Pertanian RI. (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapat bantuan alat mesin pertanian dari Kementerian Pertanian dalam rangka meningkatkan produksi pertanian dan modernisasi alat pertanian.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertan) Kulon Progo, Selasa, mengatakan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) itu berupa alat perontok padi atau treser dan rice transplanter.

"Bantuan alat mesin pertanian dari pusat dan provinsi setiap tahunnya terus meningkat. Bantuan ini dalam rangka modernisasi dan meningkatkan produksi hasil pertanian," kata Tri Hidayatun.

Selain itu, menurut dia, bantuan mesin pertanian ini dalam rangka mewujudkan pertanian modern yang berbasis mekanisasi, sehingga tidak perlu banyak tenaga manusia dalam berproduksi. Bantuan alat mesin pertanian diterapkan mulai mengolah lahan membuat pesemaian hingga panen dan pasca panen.

"Kita ketahui bersama, tenaga petani semakin berkurang. Sehingga efisiensi serta mekanisasi pertanian perlu diterapkan supaya mengeliatkan kembali sektor pertanian," katanya.

Menurut dia, alat mesin pertanian sangat dibutuhkan petani. Hal ini untuk memantapkan swasembada pangan. Pemerintah dan petani dituntut mampu meningkatkan produktivitas secara optimal.

"Persoalannya sekarang ini kita semakin kesulitan tenaga kerja di sektor pertanian. Mulai dari tahapan pengolahan lahan sampai pascapanen yang sebelumnya menggunakan tenaga manusia diganti menggunakan mesin," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kacang-Kacangan dan Umbi-Umbian Dispertan Kulon Progo Jayeng Purwadi mengatakan pada Jumat (27/11), pihaknya menerima bantuan sebelas unit, "rice transplanter" dari Dirjen SPS Kementerian Pertanian.

Mesin rice transplaner, traktor roda empat dan alat mesin pertanian lainnya diperuntukkan pertanian modern di wilayah Kecamatan Galur, Sentolo, Lendah dan Temon. Barang-barang tersebut masih dalam proses pengiriman. Keseluruhan bantuan sampai sekarang belum diketahui.

Selain itu, ada satu paket dengan mesin penanam padi, ada bantuan traktor tangan, traktor roda empat dan sekitar 20 unit mesin pompa air.

"Saat ini, kami mempersiapkan kelompok tani yang memenuhi syarat dan siap menerima bantuan, serta mempergunakannya," kata Jayeng.

(KR-STR)