Sabtu, 23 September 2017

Puncak kedatangan penumpang Giwangan awal tahun

id giwangan
Puncak kedatangan penumpang Giwangan awal tahun
Terminal Bus Yogyakarta (Foto Antara/Rizky)
Yogyakarta (Antara Jogja) - Puncak kedatangan penumpang di Terminal Giwangan Yogyakarta pada libur Natal dan Tahun Baru 2016 diperkirakan terjadi awal tahun dengan jumlah penumpang mencapai 18.900 penumpang.
"Kedatangan penumpang di Terminal Giwangan pada awal masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2016 masih belum mengalami peningkatan signifikan. Diperkirakan, puncak kedatangan penumpang baru akan terjadi pada 1 Januari 2016," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Selasa.
Sedangkan puncak keberangkatan penumpang diperkirakan terjadi pada 3 Januari 2016 dengan jumlah penumpang sekitar 18.180 orang.
Sejumlah kendala yang berpotensi terjadi selama puncak kedatangan dan keberangkatan penumpang adalah terlambatnya bus masuk ke Terminal Giwangan karena kepadatan lalu lintas di sepanjang jalur menuju Kota Yogyakarta.
Bus yang diperkirakan terlambat datang ke Terminal Giwangan adalah bus dari Surabaya dan dari Purwokerto atau Cilacap karena jalur yang dilalui kerap mengalami kemacetan selama libur panjang akhir tahun.
Seperti tahun sebelumnya, jumlah penumpang yang memanfaatkan jasa bus untuk libur panjang akhir tahun mengalami penurunan sekitar dua hingga empat persen.
"Kecenderungannya memang seperti itu. Dari tahun ke tahun jumlah penumpang terus turun, begitu pula tahun ini," katanya yang menyebut masyarakat lebih memilih memanfaatkan moda transportasi lain seperti pesawat, kereta api atau kendaraan pribadi.
Masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2016 di Terminal Giwangan Yogyakarta ditetapkan selama sekitar dua pekan yaitu 19 Desember hingga 3 Januari 2016.
"Secara umum, Terminal Giwangan siap melaksanakan masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2016. Sudah ada beberapa posko yang disiapkan mulai posko kesehatan hingga posko keamanan," katanya.
Guna meningkatkan pengamanan di terminal, UPT Terminal Giwangan juga menyiapkan lima "closed circuit television" (CCTV). "Jumlahnya memang terbatas, tetapi akan kami optimalkan pemanfaatannya," katanya.
Selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2016, UPT Terminal Giwangan juga menyiapkan sebanyak 740 bus cadangan. Bus yang disiapkan adalah bus pariwisata.
(E013)

Editor: Nusarina Yuliastuti

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga