Penyandang disabilitas terima bantuan peralatan pembuat bakpia

id bakpia

Penyandang disabilitas terima bantuan peralatan pembuat bakpia

membuat bakpia (Foto ANTARA/Sidik)

Jogja (Antara Jogja) - Sebanyak 30 penyandang disabilitas di Kota Yogyakarta yang mengikuti pelatihan keterampilan dan kewirausahaan pada Oktober 2015 menerima bantuan peralatan pembuat bakpia.

"Harapannya, bantuan peralatan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh penyandang disabilitas sehingga mereka bisa semakin mandiri," kata Pengantar Kerja Madya Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Sri Hartati di Yogyakarta, Selasa.

Peralatan yang diterima terdiri dari kompor, tabung gas, oven, loyang dan peralatan lain untuk membuat bakpia. Setiap peserta memperoleh satu set peralatan pembuat bakpia secara lengkap.

"Dengan peralatan yang diterima, mereka bisa langsung memproduksi bakpia di rumah masing-masing," katanya yang menyebut bantuan peralatan baru dibagikan awal tahun karena menunggu peserta memiliki keahlian membuat bakpia.

Sebelum memperoleh bantuan peralatan, sebanyak 30 penyandang disabilitas mengikuti pelatihan pembuatan bakpia di sentra produksi bakpia di Kota Yogyakarta yaitu di bakpia Soemadigdo di Jalan Ireda Prawirodirjan.

Hartati mengatakan, seluruh peserta sangat antusias dengan pelatihan yang diterima, begitu pula dengan produsen bakpia yang mengaku bisa mempekerjakan penyandang disabilitas untuk memproduksi bakpia.

Selain mengikuti pelatihan pembuatan bakpia, terdapat 30 penyandang disabilitas lain yang mengikuti pelatihan keterampilan pembuatan tas bekerja sama dengan produsen tas yang sudah cukup terkenal, Gendhis.

"Setelah mendapatkan pelatihan, mereka ternyata memiliki kemampuan yang tidak kalah dibanding orang normal lainnya. Artinya, mereka bisa berdaya dan mandiri," katanya.

Selain memperoleh bantuan peralatan, penyandang disabilitas yang mengikuti pelatihan juga memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan produsen yang sudah mandiri guna memudahkan pemasaran produk.

Sedangkan bagi perusahaan di Kota Yogyakarta yang telah mempekerjakan penyandang disabilitas sebagai karyawan akan diberikan penghargaan.

"Kami sedang identifikasi perusahaan yang sudah mempekerjakan penyandang disabilitas. Nantinya, akan kami beri `reward` sebagai apresiasi dari pemerintah atas kepedulian mereka," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024