Akademisi: "smartphone" berikan peluang pemberdayaan bagi perempuan

id smartphone

Akademisi: "smartphone" berikan peluang pemberdayaan bagi perempuan

Ilustrasi (Foto Antara/dok)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Penggunaan "smartphone" memberikan peluang pemberdayaan bagi perempuan karena bisa mengkonstruksi identitas dirinya sebagai subjek, kata dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Mite Setiansah.

"Melalui `smartphone` perempuan tidak lagi hanya berposisi sebagai objek tetapi juga bisa menjadi subjek," kata Mite saat memaparkan disertasinya berjudul "Pemaknaan Smartphone oleh Perempuan Urban: Interaksi Gender, Kelas, dan Agama" di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, kehadiran "smartphone" dalam kehidupan telah melahirkan budaya baru dalam masyarakat termasuk bagi perempuan urban (kota). Alat komunikasi itu juga berpeluang melanggengkan konstruksi nilai dominan tentang perempuan.

"Smartphone bahkan bisa menjadi alat represi baru bagi perempuan. Namun demikian, menghindari penetrasi `smartphone` dalam kehidupan sehari-hari saat ini bukan hal yang mudah," katanya.

Ia mengatakan "smartphone" telah mengaburkan batasan ruang publik dan domestik, produktif dan reproduktif, "work and pleasure time" yang selama ini sering membuat perempuan represi dan subordinasi.

Selain itu, perempuan juga bisa menyuarakan gagasan dan pikiran yang dalam situasi tertentu tidak selalu didengar di dunia nyata dan bisa memperoleh kesempatan untuk mengaktualisasikan diri, memperoleh posisi, serta berpartisipasi dalam praktik ekonomi, sosial hingga keagamaan secara leluasa.

"Smartphone telah membuka peluang yang luas bagi perempuan untuk memiliki keberdayaan," kata Mite.

Di sisi lain, kata dia, kehadiran "smartphone" menimbulkan beban tambahan bagi perempuan dengan sifatnya yang mengaburkan batasan ruang dang waktu. Praktik ekonomi yang dilakukan perempuan melalui "smartphone" saat ini telah menambah beban perempuan.

"Beban perempuan yang semula dikatakan hanya berkutat dengan sumur, dapur, dan kasur, dalam waktu bersamaan kini juga berurusan dengan `order, transfer, deliver`," katanya.***4***

(B015)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024