Masyarakat diimbau tetap tenang pascaledakan bom Jakarta

id muhammadiyah

Masyarakat diimbau tetap tenang pascaledakan bom Jakarta

Muhammadiyah (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak takut beraktivitas pascaledakan bom di kawasan Sarinah Jalan Thamrin Jakarta, Kamis.

"Masyarakat hendaknya tidak terprovokasi oleh berita yang belum jelas kebenarannya dan mempercayakan sepenuhnya masalah pengamanan kepada aparatur keamanan," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu`ti di Yogyakarta, Kamis.

Saat menyampaikan pernyataan sikap PP Muhammadiyah terkait pemboman di Jakarta, Mu`ti mengatakan aparatur keamanan khususnya kepolisian dan Badan Intelijen Negara (BIN) diharapkan mengusut tuntas motif dan pelaku pemboman secara profesional, objektif, dan seksama.

"Polisi hendaknya tidak mengambil kesimpulan secara terburu-buru dalam menyampaikan informasi mengenai motif dan pelaku pemboman sebelum memiliki bukti kuat dan dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Menurut dia, Muhammadiyah mengutuk keras tindakan dan pelaku pemboman yang menimbulkan kerusakan dan korban jiwa, serta menyampaikan belasungkawa kepada para korban baik yang wafat maupun yang terluka.

"Semoga keluarga korban diberikan kesabaran," kata Mu`ti didampingi Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas.

Ia mengatakan Muhammadiyah mendukung pemberantasan dan pencegahan terorisme oleh pemerintah dengan tetap memperhatikan hak asasi manusia, praduga tak bersalah dan hukum yang berlaku.

"Upaya pemberantasan dan pencegahan terorisme harus dilakukan dengan berbagai pendekatan yang menyeluruh," katanya. 
B015
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024