Beringharjo siapkan tempat untuk "selfie"

id beringharjo

Beringharjo siapkan tempat untuk "selfie"

Pasar Beringharjo, Rabu (20/1). Sekarang menyiapkan tempat khusus untuk swafoto atau lebih dikenal dengan istilah "selfie" yang berlokasi di sisi selatan pasar. (Foto ANTARA/Rendi Yudistira/ags/16)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pasar tradisional terbesar di Kota Yogyakarta, Beringharjo, menyiapkan tempat khusus untuk swafoto atau lebih dikenal dengan istilah "selfie" yang berlokasi di sisi selatan pasar.

"Ada tempat baru di sisi selatan pasar atau di Jalan Pabringan yang bisa digunakan untuk berfoto atau `selfie`. Di lokasi itu, sudah ada "landmark" baru berupa nama pasar dalam huruf merah berukuran besar yang bisa digunakan sebagai `background` foto," kata Kepala Bidang Pengembangan Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta Rudi Firdaus di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, keberadaan tempat khusus untuk `selfie` tersebut akan memberikan banyak manfaat terhadap Pasar Beringharjo, terutama dari sisi promosi.

"Jika banyak masyarakat atau pengunjung yang memanfaatkan lokasi itu untuk foto kemudian mengunggahnya ke media sosial, tentu akan ada lebih banyak orang yang mengenal Pasar Beringharjo," katanya.

Selain promosi, keberadaan tempat tersebut juga turut memperindah lingkungan karena lokasi tersebut sebelumnya sangat kumuh. "Lokasi itu kini sudah jauh lebih bersih," katanya.

Lokasi untuk "selfie" di Pasar Beringharjo dibangun pada Desember dengan dana dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bisnis.

Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta merencanakan menambahkan fasilitas yang sama untuk sejumlah pasar tradisional lain, khususnya pasar yang berada di tepi jalan protokol.

"Anggaran untuk membangun fasilitas tersebut sudah masuk dalam APBD 2016. Harapannya, mulai April sudah bisa dikerjakan," katanya.

Sejumlah pasar yang akan dilengkapi fasilitas yang sama di antaranya adalah Pasar Ngasem, Kranggan, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta, serta Pasar Sentul.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengapresiasi tambahan fasilitas di Pasar Beringharjo tersebut. "Akan lebih menarik jika di sekitar tulisan itu diberi lampu sorot sehingga tetap bisa dimanfaatkan berfoto saat malam hari,". katanya. 

(E013)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024