108 siswa SMA ikuti Olimpinter

id uad

108 siswa SMA ikuti Olimpinter

UAD (Foto Istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Sebanyak 108 siswa sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, dan madrasah aliah mengikuti Olimpade Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Komputer di Fakultas MIPA Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Minggu.

"Mereka berasal dari 18 sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah," kata Wakil Dekan Fakultas MIPA Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Agung Budiantoro di sela pembukaan Olimpade Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Komputer (Olimpinter) V/2016.

Menurut dia, kegiatan itu merupakan wahana berkompetisi siswa berprestasi sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan madrasah aliah (MA) se-DIY dan Jateng dalam bidang keilmuan fisika, biologi, matematika, dan komputer.

"Kegiatan yang telah digelar lima kali itu juga bertujuan meningkatkan silaturahim antara Fakultas MIPA UAD dan SMA/SMK/MA se-DIY dan Jateng serta antara sekolah-sekolah tersebut," kata Agung.

Humas Fakultas MIPA UAD Iwan Tri Riyadi mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan ajang rutin yang digelar Fakultas MIPA UAD untuk mencari bibit-bibit siswa berprestasi dalam bidang MIPA dan Komputer di DIY dan Jateng.

"Para peserta yang berpartisipasi pada Olimpinter V/2016 berasal dari belasan sekolah di DIY dan Jateng. Olimpinter itu merupakan rangkaian kegiatan Milad Ke-55 UAD," katanya.

Menurut dia, para peserta Olimpinter yang berhasil meraih juara akan mendapatkan piala dan piagam penghargaan serta diberikan hadiah uang pembinaan dengan nilai total Rp20 juta.

"Selain mengasah pengetahuan mengenai keilmuan dasar siswa SMA/SMK/MA, Olimpinter juga mengasah `soft skill` para peserta melalui tahapan kompetisi berupa praktikum," kata Iwan.***4***

(B015)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024