PM Hongaria tawarkan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia

id bea siswa ke hongaria

PM Hongaria tawarkan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/2). Kedua pemimpin negara tersebut bersama masing-masing delegasi melakukan pertemuan bilateral untuk meningkatkan k

Jakarta (Antara Jogja) - Perdana Menteri (PM) Hongaria Viktor Orban, saat bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menawarkan kerja sama di bidang pendidikan yakni pemberian beasiswa kepada mahasiswa Indonesia untuk belajar di negara itu.

"Saya tawarkan kepada Presiden (Jokowi), mahasiswa Indonesia berkuliah di Hongaria," kata PM Orban dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin.

Pihaknya setuju untuk tahap awal memberikan 50 beasiswa kepada pemuda-pemuda Indonesia.

Menurut dia, beasiswa itu diharapkan mampu memperkuat kerja sama Indonesia-Hongaria pada masa yang akan datang.

Kunjungan PM Orban sekaligus menghasilkan dua dokumen kerja sama (Memorandum of Understanding/MoU) di bidang perikanan dan budidaya serta di bidang program pertukaran pendidikan tinggi.

"Kami merupakan anggota Uni Eropa yang melihat dari perspektif bahwa Indonesia sebagai anggota G-20 dan negara besar, menurut kami Indonesia ini bukan negara tapi sebuah benua. Kami melihat Indonesia memegang peranan penting," katanya.

Pihaknya menilai Indonesia mampu menghadapi serangan teroris dan kembali stabil hanya dalam waktu dua hingga tiga jam setelah kejadian.

"Ini merupakan rekor dunia dan menunjukkan Indonesia negara stabil," katanya.

Pihaknya menekankan saat ini Hongaria sedang mencari kroni negara yang stabil. Oleh karena itu ia berpendapat kerja sama bilateral harus dikembangkan dalam jangka panjang dengan dilantasi persahabatan, saling memahami dan saling menguntungkan.

H016
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024