Pencarian korban tenggelam Pantai Samas terkendala cuaca

id Pencarian korban tenggelam Pantai Samas terkendala cuaca

Pencarian korban tenggelam Pantai Samas terkendala cuaca

Wisatawan tenggelam minta tolong (ANTARA News/Handry Musa)

Bantul, (Antara Jogja) - Proses pencarian Fauzi Yoga Pratama (15) anak yang menjadi korban tenggelam di Pantai Samas, Desa Srigading, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terkendala cuaca yang tidak mendukung upaya pencarian itu.

"Kita hanya maksimalkan untuk penyisiran di darat karena pencarian di tengah laut dengan perahu masih terkendala dengan cuaca yang kurang bersahabat," kata Sekretaris SAR Pantai Parangtritis, Taufik Faqih Usman, di Bantul, Jumat.

Bocah asal pedukuhan Bendo, Desa Trimurti, Kecamatan?Srandakan, Bantul tersebut dilaporkan tenggelam saat bermain dan mandi di sekitar Pantai Samas pada Kamis (4/2) sore dan hingga kini belum ditemukan.

Menurut dia, proses pencarian korban kecelakaan laut di Pantai Samas sampai saat ini masih terus dilakukan oleh Tim SAR gabungan dari SAR Kabupaten Bantul, Polisi Air Kepolisian Daerah (Polair Polda) DIY, TNI Angkatan Laut dan Badan SAR Nasional (Basarnas) DIY.

Ia mengatakan sejauh ini proses pencarian korban masih difokuskan di sekitar lokasi kejadian dan mengarah ke timur sesuai arah arus laut selatan, pencarian oleh sekitar 40 personel gabungan dengan menyisir jalur darat dan dengan menggunakan perahu.

"Selain karena gelombang tinggi dan hujan juga cukup lebat sehingga tidak memungkinkan perahu untuk turun ke tengah laut," katanya.

Taufik mengatakan pada Jumat (5/2) pagi diterjunkn satu regu penolong ke tengah laut menggunakan perahu dari Polair Polda DIY melalui Pantai Depok yang berada di sebelah timur Pantai Samas.

Namun demikian, kata dia, selama hampir dua jam personel melakukan pencarian di tengah laut, Tim SAR yang terjun belum mendapatkan hasilnya, kemudian pencarian ke tengah laut urung dilakukan karena ketinggian gelombang laut.

"Rencananya satu perahu lagi kami turunkan selepas shalat Jumat, tetapi cuaca tidak mendukung," kata dia.

Fauzi Yoga Pratama (15) dilaporkan tenggelam saat bermain dan mandi di Pantai Samas pada Kamis sore, saat itu korban mandi bersama lima temannya, yaitu Andri (15), Ridwan (16), Erwin (14) Della (14) dan 5. Fani (13) semua warga Srandakan.

(T.KR-HRI)