Pemkab diminta bantu menyelesaikan Jalan Lingkar Bumirejo

id jalan

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan pemerintah setempat membantu pembangunan jalan lingkar untuk percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Kades Bumirejo Edi Winarno di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan APBDes Bumirejo tidak cukup untuk membiayai penyelesaian jalur lingkar Bumirejo karena kebutuhan anggaran sangat besar.
"Dana APBDes hanya cukup untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang kecil-kecil seperti corblok jalan lingkungan. Untuk menyelesaikan jalan lingkar kami butuh bantuan dari pemkab," kata Edy.
Lebih lanjut, Edi mengatakan masyarakat di wilayahnya memang sangat membutuhkan keberadaan jalan lingkar tersebut. Bukan hanya sebagai sarana transportasi tetapi sebagai pendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan desa.
"Pendapatan sebagian besar warga Bumirejo berupa hasil pertanian, peternakan dan industri rumah tangga. Keberadaan jalan lingkar diperlukan untuk mendukung proses pengerjaan serta pemasaran hasilnya," kata Edi.
Anggota Komisi II DPRD Kulon Progo Priyo Santoso mengatakan keberadaan jalan lingkar Bumirejo sangat dibutuhkan untuk mendukung mobilitas serta peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.
"Jalan lingkar sepanjang sekitar enam kilometer itu menghubungkan beberapa pedukuhan yang merupakan pusat aktivitas perekonomian masyarakat. Yakni lahan pertanian, peternakan, pasar dan sentra industrl kecil," katanya.
Dari panjang jalan enam kilometer yang direncanakan, lanjut Priyo, saat ini baru terealisir sekitar dua kilometer berupa rabat beton di wilayah Pedukuhan Carikan dan Bonosoro. Kedua ruas jalan tersebut menghubungkan wilayah pedukuhan dengan lahan sawah yangmerupakan sumber mata pencaharian warga.
Menurut Priyo, Bumirejo merupakan salah satu desa dengan jumlah penduduk terbesar di Kulon Progo. Untuk mendukung perkembangan desa, kata dia, dibutuhkan infrastruktur yang memadai dan strategis.
"Warga sangat membutuhkan jalan lingkar tersebut sebagai salah satu pilar peningkatan perekonomian masyarakat. Kami berharap Pemkab Kulon progo membantu pembangunan jalan lingkar tersebut dengan dana APBD agar dalam waktu dekat dapat segera terselesaikan," katanya.

KR-STR