Pasar Ikan Higienis segera dikelola investor lokal

id pasar ikan higienis

Pasar Ikan Higienis segera dikelola investor lokal

Pasar Ikan Higienis Yogyakarta (Foto Antara/dok)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Pasar Ikan Higienes yang selama ini mangkrak akan segera dimanfaatkan oleh salah satu investor lokal untuk membuka usaha di bidang kuliner dengan menu utama ikan dan olahannya.

"Akan ada investor lokal yang mengelola. Kerja sama sudah ditandatangani awal Februari dan paling lambat pada 15 Februari sudah dikelola sepenuhnya oleh investor," kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta Benny Sulistyo di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, kerja sama dengan investor lokal PT Ulam Tirta Segara tersebut berlangsung selama satu tahun, namun dapat diperpanjang. Perpanjangan kerja sama dilakukan paling lambat tiga bulan sebelum tenggat waktu perjanjian berakhir.

Di dalam ketentuan kerja sama, investor membayar biaya sewa Pasar Ikan Higienis Rp72 juta per tahun dan dalam waktu tiga bulan sejak perjanjian kerja sama sudah harus menjalankan usahanya.

"Jika dalam tenggat waktu tersebut investor tidak bisa menjalankan usahanya, maka Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengambil alih pengelolaannya," ucapnya.

Investor lokal tersebut sudah membayar biaya sewa untuk satu tahun penuh, dan sudah memaparkan rencana bisnis yang akan dilakukan yaitu membuka usaha restoran dan kafe dengan menu andalan dari ikan tuna, kakap dan gabus.

Restoran akan ditempatkan di sekitar lokasi kolam ikan, sedangkan kafe berada di gedung "indoor".

"Jika mereka konsisten dalam mengelola usaha, maka bisnis ini akan berjalan dengan baik. Kami pun akan terus melakukan pengawasan agar investor tetap menjalankan usaha ikan, bukan untuk usaha lain," tuturnya.

Sebelum dikelola oleh investor lokal, Pemerintah Kota Yogyakarta sempat menawarkan kesempatan pengelolaan Pasar Ikan Higienis ke berbagai pihak. Terdapat tiga investor yang mengajukan proposal, namun karena tidak sesuai maka kerja sama urung dilakukan.

Sebelum dikelola oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, Pasar Ikan Higienis dikelola oleh investor selama sekitar tiga tahun. Namun, usaha jual beli ikan dan makanan olahan dari ikan tidak membuahkan hasil baik. Pasar ikan tersebut pun "mangkrak" atau terbengkalai sejak 2012.***1***

 (.E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024