DPRD Bantul harapkan bupati baru benahi BUMD

id BUMD

DPRD Bantul harapkan bupati baru benahi BUMD

Kantor DPRD Kab. Bantul (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul, (Antara Jogja) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan Bupati Bantul periode 2016-2021 Suharsono yang akan dilantik dalam waktu dekat dapat membenahi tiga badan usaha milik daerah.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Bantul Setiya di Bantul, Selasa, mengatakan menjelang pelantikan bupati dan wakil bupati Bantul terpilih, ada banyak agenda yang harus segera ditangani pejabat baru, salah satunya penyehatan tiga badan usaha milik daerah (BUMD).

"Dari tiga BUMD milik pemda Bantul, masing-masing ada sejumlah pekerjaan rumah yang perlu segera dilakukan pembenahan," katanya.

Tiga BUMD tersebut yakni Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma, BPR Bank Bantul dan Perusahan Daerah (PD) Aneka Dharma, sedangkan PT Bank Pembangunan Daerah (BPD), pemda hanya memiliki saham atas BUMD milik Pemda DIY tersebut.

Menurut dia, PDAM Bantul membutuhkan dukungan agar cakupan layanan bisa semakin luas dalam menjalankan tugas utamanya sebagai penyedia air bersih untuk warga Bantul, supaya jangan sampai ada warga Bantul yang kesulitan akses air bersih.

Sementara itu, menurut dia, Bank Bantul masih menyisakan catatan atas penyaluran kredit yang diduga tidak memenuhi standar operasional prosedur (SOP), sebab ada nasabah yang mendapatkan kredit pinjaman tanpa agunan yang sesuai.

"Dalam hal kontribusi ke PAD, bagi hasil Bank Bantul juga masih minim. Selain itu Bank Bantul juga masih harus bersiap untuk mengubah status badan hukum dari perusahaan daerah (PD) menjadi perseroan terbatas (PT)," katanya.

Sementara itu, politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai, `pekerjaan rumah` terbesar Pemda adalah pembenahan PD Aneka Dharma, sebab perusahaan ini masih banyak menyimpan tanda tanya, salah satunya gelontotan dana dari APBD beberapa tahun lalu.

"Direktur Aneka Dharma yang masih dipegang pejabat sementara juga perlu segera diisi dengan direktur definitif," katanya.

Pihaknya berharap sejumlah `pekerjaan rumah` tersebut, mendapat perhatian dari Bupati Bantul yang baru, sehingga dana rakyat yang telah digelontorkan ke BUMD itu tidak sia-sia dan bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat Bantul.

"Semangat perubahan harus diwujudkan dalam kerja nyata perbaikan-perbaikan dalam semua sektor, termasuk BUMD tersebut," katanya.***3***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024