Jajanan lawas sajikan makanan tradisional

id jajanan

Jajanan lawas sajikan makanan tradisional

Jajanan Lawas (Foto Antara/Laela Monika/ags/16)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Jajanan lawas menjadi satu-satunya stan makanan tradisional  di Trending Topic Food EXPO dalam rangka "Apkom New Year Expo 2016" di JOgja Expo Centre Yogyakarta, 6-10 Februari 2016.

"Jajanan lawas ini memang menjadi stan satu-satunya yang menjual makanan tradisional di Trending Topik Food Expo ini, dulu saya juga pernah buka stan pada Festival Jajanan Kekunoan," kata pemilik stan Jajanan Lawas,  Ny. Tri di Yogyakarta, Rabu.

Sekitar 20 macam makanan dijual di stan jajanan lawas ini di antaranya botok, sego bakar, nasi liwet, jadah, lemper, coro, pepes, sate keong, serta aneka es tradisonal seperti es lilin, es apolo, es dong-dong dan jajanan tradisional lain. Semua makanan ini dibuat sendiri oleh nyonya Tri dengan dibantu keluarganya. 

"Biasanya saya membuat makanan pada malam hari, dan saya bangun pukul 04.00 WIB untuk mulai menyiapkan makanan-makanan yang akan dibawa ke JEC, biasanya saya dibantu oleh anak-anak saya," katanya.

Stan jajanan lawas juga tidak kalah saing dengan stan makanan lain, banyak orang yang mencari makanan tradisional seperti ini. Hampir setiap hari makanan ini habis terjual bahkan sebelum acara selesai.

Harga jajanan lawas ini terbilang murah yaitu mulai Rp1.000 hingga Rp6.000. 

Ia memang sengaja memberikan harga murah pada setiap makanannya agar makanan ini bisa dinikmati semua kalangan dengan harga terjangkau.

"Saya memang memberikan harga yang murah, dengan harga yang murah saya pun bisa menjual dalam jumlah banyak sehingga saya tetap mendapatkan untung, selain itu agar makanan-makanan ini bisa dinikmati oleh semua kalangan termasuk kalangan bawah," tambahnya.

Ia mengatakan juga memperhatikan kebersihan dan rasa dari setiap makanan buatannya, bahkan ia pernah mendapatkan piala dari panitia "Festival Jajanan Kekunoan" yang dulu  diselenggarakan di JEC. 

Ia mendapatkan piala dengan kategori stan paling menjaga kebersihan.
(Ela)