KPU Yogyakarta siapkan Gubuk Informasi Pilkada 2017

id KPU

KPU Yogyakarta siapkan Gubuk Informasi Pilkada 2017

KPUD Kota Yogyakarta (Foto Antara/Mawarrudin/ags/14)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta menyiapkan Gubuk Informasi yang akan dibuka di tiap panitia pemilihan kecamatan guna mendukung sosialisasi dan penyebaran informasi mengenai Pemilihan Kepala Daerah 2017.

"Tujuan utamanya dari Gubuk Informasi ini adalah sebagai tempat bagi masyarakat untuk mengakses segala informasi mengenai pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2017," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budianto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, keberadaan Gubuk Informasi di tiap kecamatan merupakan terobosan yang akan dilakukan KPU Kota Yogyakarta guna meningkatkan pengetahuan dan pendidikan politik warga yang pada akhirnya mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam seluruh tahapan pemilihan kepala daerah.

Tingkat partisipasi warga Kota Yogyakarta untuk menggunakan hak suaranya pada berbagai pemilihan umum tergolong rendah bila dibanding tingkat partisipasi di kabupaten lain di DIY.

Partisipasi masyarakat pada pemilihan kepala daerah 2016 tercatat 53 persen, dan pada pemilihan kepala daerah 2011 tercatat 64 persen. Sedangkan target nasional untuk pemilihan kepala daerah serentak pada 2017 cukup tinggi yaitu 77,5 persen.

Wawan menyebut, keberadaan Gubuk Informasi ini akan segera dibuka setelah panitia pemilihan ad-hoc di wilayah ditetapkan. Namun, sampai saat ini KPU Kota Yogyakarta masih menunggu kepastian terbitnya Peraturan KPU terkait tahapan pemilihan kepala daerah 2017.

KPU sudah menetapkan pemilihan kepala daerah 2017 digelar secara serentak pada 15 Februari 2017. "Tahapan pemilihan kepala daerah biasanya dilakukan setahun sebelum hari H pemilihan. Kita masih menunggu peraturan dari KPU," ujarnya.

Sedangkan untuk kebutuhan anggaran Gubuk Informasi, Wawan mengatakan sudah memasukkannya dalam kebutuhan anggaran pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah yang berjumlah Rp14,9 miliar.

Selain mengerahkan penyelenggara pemilihan umum di tingkat wilayah, sosialisasi untuk menggenjot tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah 2017 juga akan dibantu oleh relawan demokrasi.

KPU Kota Yogyakarta akan melihatkan sejumlah perguruan tinggi untuk menjadi relawan.

 (T.E013)


Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024