Tiga destinasi Sleman masuk 10 besar DIY

id candi prambanan

Tiga destinasi Sleman masuk 10 besar DIY

Candi Prambanan (Foto Antara/Wahyu Putro)

Sleman, (Antara Jogja) - Tiga destinasi wisata Kabupaten Sleman masuk dalam daftar 10 besar objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

"Data tersebut berdasarkan catatan statistik Dinas Pariwisata DIY 2015," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Jumat.

Menurut dia, tiga destinasi wisata tersebut adalah Candi Prambanan yang menduduki peringkat ketiga dengan jumlah kunjungan 1.576.988 wisatawan.

"Kemudian kawasan wisata alam Kaliurang yang menduduki peringkat ke tujuh dengan jumlah kunjungan 888.780 wisatawan dan Monumen Jogja Kembali yang menduduki peringkat kesepuluh dengan jumlah kunjungan 361.100 wisatawan," katanya.

Ia mengatakan untuk peringkat pertama adalah Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul dengan jumlah kunjungan 2.179.000 wisatawan.

"Sedangkan peringkat kedua Kebun Binatang Gembira Loka Kota Yogyakarta dengan jumlah kunjungan 1.795.486 wisatawan," katanya.

Ayu mengatakan, pihaknya menyambut gembira dengan adanya fakta tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Sleman memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap angka kunjungan wisatawan di DIY.

"Sehubungan dengan hal tersebut diharapkan dapat menjadikan motivasi bagi para pengelola destinasi wisata di Kabupaten Sleman untuk terus meningkatkan kualitas produk wisata serta kualitas pelayanan kepada wisatawan," katanya.

Ia mengatakan peningkatan pelayanan wisatawan tersebut di antaranya dengan implementasi Sapta Pesona yang meliputi keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramah-tamahan dan kenangan.***1***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024