Bulog DIY distribusikan beras premium kepada RTSPM

id Bulog DIY distribusikan beras premium kepada RTSPM

Bulog DIY distribusikan beras premium kepada RTSPM

Operasi Pasar beras Bulog (Foto ANTARA)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Perum Bulog Divisi Regional Daerah Istimewa Yogyakarta mendistribusikan beras untuk masyarakat miskin dengan kualitas premiun, yakni kepada Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat di Kabupaten Kulon Progo.

Petugas Bulog Divre DIY Fanshuri di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan, adanya karung yang tidak mencantumkan asal beras saat distribusi raskin kepada masyarakat karena beras yang didistribusikan sebenarnya penyerapan kualitas premium untuk dijual ke pasar.

"Kebijakan pemerintah pusat, beras premium untuk diarahkan ke raskin, sehingga berasnya medium kualitasnya premium," kata Fanshuri.

Ia mengatakan beras premium ini kemasannya 50 kg sedangkan raskin 15 kg, sehingga harus dikemas ulang. Selain itu, karung tidak mencantumkan asal berasnya dari mana.

"Kami mengharapkan masyarakat berperan aktif melaporkan kepada bulog, bila di lapangan masih ditemukan raskin tidak layak konsumsi," katanya.

Sementara itu, Tim Raskin Kecamatan Kalibawang Sudiati mengatakan semua desa di Kecamatan Kalibawang meliputi Desa Banjararum, Banjarasri, Banjarharjo dan Banjroyo pada 2016 telah mengalokasikan melalui APBDes masing-masing untuk membiayai angkutan dari balai desa sampai di pedukuhan masing-masing dengan biaya satu sak raskin sebesar Rp1.500,- selama 12 bulan.

"Kami di Kecamatan Kalibawang untuk biaya angkutan dari balai desa ke pedukuhan-pedukuhan masing-masing desa telah mengalokasikan lewat APBDes sebesar Rp1.500,- persaknya selama 12 kali, sehingga warga yang menerima lebih dekat karena hanya sampai di pedukuhan," kata Sudiati.

Sedangkan jadwal distribusi raskin di Februari ini akan diawali Kecamatan Pengasih (15/2), Girimulyo (16/2), Kalibawang (17/2), Sentolo (18/2), Lendah dan Galur (22/2), Nanggulan dan Samigaluh (23/2), Panjatan (24/2), Kokap (25/2), terakhir Temon dan Wates (29/2).

(U.KR-STR)