Legislator targetkan seluruh sekolah gelar UNBK

id UNBK

Legislator targetkan seluruh sekolah gelar UNBK

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Lucky R./aww/16.)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Anggota Komisi X DPR RI My Esti Wijayati menargetkan seluruh sekolah mulai SMP hingga SMA di berbagai daerah dapat menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer pada 2017.

"Baik sekolah di daerah terpencil atau di perkotaan secara keseluruhan sudah harus bisa menyelenggarakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) pada 2016," kata Esti seusai diskusi dengan tema "Wajah Pendidikan Indonesia dan Implementasi UU Sisdiknas" di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Yogyakarta, Selasa.

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, guna mencapai target tersebut anggaran pendidikan untuk 2017 harus ditingkatkan. Saat ini anggaran pendidikan sebagian besar dihabiskan untuk biaya sertifikasi guru mencapai Rp1,8 triliun dan untuk gaji guru honorer Rp2,5 triliun.

"Kami akan mengusulkan anggaran bisa ditingkatkan lagi. Memang akan menyita banyak anggaran tapi bagaimanapun pendidikan adalah dasar dari pembangunan bangsa," kata dia.

Meski demikian, menurut dia, anggaran yang ada di tingkat provinsi juga sebaiknya dapat disisihkan untuk menunjang pemenuhan infrastruktur sekolah khususnya SMA dan SMK. Sebab sesuai Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) negara hanya wajib menjamin pendidikan anak hingga tingkat SMP.

"Sehingga partisipasi masyarakat dalam persiapan UNBK 2017 juga sangat diharapkan," kata dia.

Sementara itu, Esti berharap di masa mendatang UN tetap dipertahankan sebagai alat ukur mutu pendidikan sekolah serta tidak dijadikan sebagai penentu kelulusan siswa. Meski UN bukan satu-satunya alat ukur penyelenggaraan pendidikan di sekolah, paling tidak mampu memetakan kekurangan yang harus diperbaiki oleh guru di masing-masing daerah.

"Kami dengan Kementerian Pendidikan dari awal sudah sepakat UN tidak jadi penentu kelulusan. Hanya saja, PR nya adalah bagaimana UN betul-betul mampu berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan kita," kata dia. 
L007
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024