Sleman kembangkan cabai Baskara

id cabai

Sleman kembangkan cabai Baskara

Petani Cabai (Foto ANTARA)

Sleman (Antara Jogja) - Kelompok tani "Taruna Bumi" Desa Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengembangkan tanaman cabai jenis Baskara.

"Hari ini telah dilakukan penanaman cabai jenis Baskara sebanyak 18 ribu batang per satu hektare," kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Kabupaten Sleman Widi Sutikno, Selasa.

Menurut dia, rencana penanaman akan dilakukan secara tersebar di areal tanah seluas 40 hektare di wilayah Kecamatan Ngemplak.

"Tanaman cabai merupakan salah satu bahan pangan yang kebutuhannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Cabai sangat diminati konsumen tidak hanya di kalangan masyarakat, namun juga industri pengolahan pangan," katanya.

Ia mengatakan, hal tersebut merupakan peluang yang sangat menjanjikan bagi para petani cabai.

"Harapannya di wilayah Ngemplak nantinya para petani mampu panen tujuh ton per hektarenya sehingga mampu menjadi sentra produksi cabai di Sleman," katanya.

Selain melakukan penanaman cabai, kelompok tani Dusun Wonolelo juga mendapat bantuan satu unit traktor dari Pemerintah Kabupaten Sleman.

"Diharapkan bantuan sarana dan prasarana pertanian yang diberikan pemerintah dapat dimanfaatkan oleh semua anggota kelompok tani di Wonolelo sehingga ke depan dapat meningkatkan hasil komoditi pertanian para petanai wilayah setempat," katanya.

Widi mengatakan sektor pertanian di Kabupaten Sleman masih menjadi salah satu unggulan perekonomian.?Berdasarkan struktur perekonomian daerah, pertanian memberikan kontribusi sebesar 12,6 persen dalam PDRB atas harga berlaku tahun 2015 bahkan pertumbuhan ekonomi tertinggi pada tahun 2015 dicapai sektor pertanian sebesar 8,26 persen.

"Sedangkan berdasar struktur mata pencaharian penduduk, terdapat sekitar 23,56 persen masyarakat Sleman bergerak pada sektor pertanian," katanya.

Ia mengatakan rencana pembangunan daerah ke depan, Pemkab Sleman telah menetapkan pembangunan sektor pertanian menjadi prioritas sebagai bagian dari upaya mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi lokal.

Kepala Desa Widodomartani, Heruyono, mengatakan bahwa wilayah Ngemplak cocok untuk pengembangan tanaman cabai.

"Pemerintah Desa Widodomartani sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Sleman dan berharap penanaman cabai tersebut mampu memperoleh hasil produksi yang maksimal," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024