Maguwo jadi stasiun intermoda

id stasiun

Yogyakarta (Antara Jogja) - Stasiun Maguwo resmi ditetapkan sebagai stasiun intermoda yang memadukan berbagai moda transportasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat sekaligus mendukung industri pariwisata.

"Stasiun Maguwo dipilih sebagai stasiun intermoda karena lokasinya strategis dan terintegrasi dengan Bandara Adi Sutjipto serta angkutan berbasis jalan raya," kata Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop VI Yogyakarta Hendy Helmi di sela peresmian Stasiun Maguwo sebagai stasiun intermoda di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, angkutan intermoda tersebut dikelola oleh berbagai BUMN seperti PT KAI, PT Angkasa Pura, PT Garuda Indonesia, dan Perum Damri. "Harapannya, dengan adanya angkutan intermoda ini maka seluruh destinasi wisata di DIY dan Jawa Tengah bisa terhubung," katanya.

Dengan demikian, lanjut Hendy, wisatawan asing atau domestik akan semakin dimudahkan saat menuju berbagai tempat wisata di DIY dan Jawa Tengah sehingga diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Saat ini, PT KAI sudah memiliki kereta yang menghubungkan wilayah Solo-Jogja-Purwokerto dan Semarang meskipun tiap rute dilayani oleh kereta yang berbeda-beda. Rute Solo-Jogja-Purwokerto dilayani dengan Joglokerto, rute Semarang-Purwokerto dilayani kereta Kamandaka dan rute Solo-Semarang dilayani kereta Kalijaga.

Selain bisa mengakses kereta dari Stasiun Maguwo, wisatawan juga bisa mengakses layanan moda transportasi darat lainnya, khususnya yang dikelola oleh Perum Damri.

Ia mencontohkan, wisatawan yang ingin melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi objek wisata Candi Borobudur dapat langsung mengakses pool Damri yang berada tidak jauh dari pintu keluar Stasiun Maguwo maupun dari pintu keluar Bandara Adi Sutjipto.

Selain Stasiun Maguwo, stasiun lain yang sudah ditetapkan sebagai stasiun intermoda adalah Stasiun Medan yang menghubungkan transportasi menuju Bandara Kuala Namu.

Beberapa stasiun lain yang dimungkinkan akan dikembangkan menjadi stasiun intermoda adalah stasiun yang berada di Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

"Dimungkinkan juga pengembangan stasiun menuju Bandara Adi Sumarmo Solo sehingga bisa dijadikan sebagai stasiun intermoda," katanya.

Peresmian Stasiun Maguwo sebagai stasiun intermoda dilakukan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro. Menteri Rini sempat memberikan aba-aba keberangkatan bagi kereta Prameks yang sudah diberi "brand" Spirit Joglosemar.

(E013)