Menteri BUMN resmikan Stasiun Intermoda Maguwoharjo Sleman

id menteri bumn

Menteri BUMN resmikan Stasiun Intermoda Maguwoharjo Sleman

Menteri BUMN Rini Soemarno memotong bunga tali menandai peresmian Stasiun Intermoda Maguwo, di Maguwoharjo, Depok, Sleman. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (Antara Jogja) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno meresmikan pengoperasian Stasiun Intermoda Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu.

Stasiun Intermoda Maguwoharjo ini merupakan pusat transportasi intermoda terpadu beberapa BUMN di antaranya PT Angkasa Pura I, PT Kerta Api, PT Garuda Indonesia, dan Perum Damri.

"Stasiun Intermoda Maguwoharjo ini sebagai spirit program pengembangan pariwisata Jogja, Solo, dan Semarang atau `Joglosemar` Kementerian BUMN dalam sinergitas BUMN untuk mewujudkan kerja sama meningkatkan kunjungan wisatawa ke wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang," kata Executif Vice President PT Kereta Api Daerah Operasi 6 Yogyakarta Hendy Helmi.

Menurut dia, pemilihan Stasiun Maguwoharjo sebagai stasiun intermoda karena di stasiun yang terletak di kawasan Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta ini merupakan intermoda terpadu, dimana terdapat beberapa BUMN yang bergerak di bidang pelayanan jasa.

"Di sini terdapat kereta api yang dikelola PT KA, bandara yang di kelola PT Angkasa Pura, PT Garuda Indonesia, PT Citilink, dan angkutan darat PT Damri," katanya.

Ia mengatakan sinergi BUMN ini merupakan program kerja Kementerian BUMN untuk mengoneksikan seluruh destinasi wisata di kawasan Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

"Selain itu juga sebagai upaya BUMN membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di tiga kota tersebut sebagai segitiga pariwisata di Pulau Jawa," katanya.

Selain meresmikan Stasiun Kereta Api Intermoda, Menteri BUMN juga meresmikan moda transportasi berupa Kereta Api Joglosemar.

"Kereta api dengan cat bermotif batik pada badan gerbongnya ini merupakan salah satu pendukung dari lokomotif ekonomi Indonesia dalam sinergita BUMN," katanya.

Kereta Joglosemar nantinya akan menghubungkan Kutoarjo, Jawa Tengah- DIY-Klaten dan Solo serta akan berhenti di beberapa stasiun kecil yang dilalui.

Hendy mengatakan dalam sistem kerjanya nanti, setiap BUMN akan memaksimalkan peran dalam mengelola dan mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"PT KA sendiri akan menghidupkan kembali jalur-jalur kereta api yang mati suri, salah satunya yang akan kembali dihidupkan kembali adalah jalur Kedungjati - Ambarawa," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024