BPMPKB Gunung Kidul gelar lomba desa

id gunung kidul

BPMPKB Gunung Kidul gelar lomba desa

Pemkab Gunung Kidul (foto istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar lomba desa dalam rangka mendorong perkembangan desa yang inovatif dan produktif.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Gunung Kidul Rakhmadian Wijayanto di Gunung Kidul, Senin, mengatakan lomba desa yang dilaksanakan akan mampu mematik perkembangan desa tidak hanya sebatas saat lomba desa tetapi peningkatan program desa dan pelaksanaan hingga akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Harapannya desa mampu mematik peran serta masyarakat dan memperbaiki sistem administrasi desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Rakhmadian Wijayanto.

Ia mengatakan penilain lomba tahun ini cukup kompetitif dibandingkan tahun sebelumnya, karena tahun ini seluruh kecamatan mengirimkan satu desa untuk maju dalam lomba desa tingkat kabupaten.

Adapun penilaian berdasar pada faktor pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan hingga pemberdayaan masyarakat.

"Tidak asal menilai, karena salah satuntya dilihat dari antusiasme warga hingga kondisi dan pemaparan tentang program desa," kata dia.

Dia mengatakan penilaian lomba akan diumumkan pada Senin (9/5). Saat ini, sudah ada 17 desa dari 18 desa yang mengikuti lomba tingkat kabupaten yang dinilai.

"Hari ini untuk Desa Nglindur, Kecamatan Girisubo. Kemudian, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong akan dilaksanakan pada Selasa (3/5)," katanya.

Ia juga mengakui dengan dana desa dikhawatirkan menurunkan semangat gotong royong di tingkat masyarakat. Pihaknya melaksanakan monitoring dan evaluasi. "Kami menekankan kepada desa meski sudah mendapatkan dana desa tetap harus ada swadaya. Dana desa hanya berapa sih? kalau desa pandai mereka akan swadaya bisa memaksimalkan program yang dilaksanakan," katanya. ***4***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024