Daop VI berencana jalankan kereta fakultatif

id kereta api

Daop VI berencana jalankan kereta fakultatif

Ilustrasi kereta api di stasiun Yogyakarta (Foto antaranews.com)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta berencana menjalankan kereta fakultatif untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang saat libur panjang akhir pekan bertepatan dengan libur Isra Miraj dan Kenaikan Isa Al Masih.

"Rencananya, akan ada satu kereta fakultatif yang dijalankan untuk rute Solo Balapan menuju Jakarta Gambir. Kereta yang dijalankan khusus kelas eksekutif," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, kereta akan dijalankan selama masa libur panjang akhir pekan untuk memenuhi permintaan masyarakat karena tiket kereta dari Daerah Operasi VI Yogyakarta menuju berbagai kota di Pulau Jawa rata-rata sudah hampir habis terjual.

"Sesuai rencana, kereta fakultatif yang nantinya dijalankan adalah kereta rangkaian baru. Tiket dijual dengan harga sekitar Rp450.000 per penumpang," ucapnya.

Tiket tujuan Jakarta, lanjut Eko, rata-rata sudah terjual habis. Namun, untuk tujuan lain seperti Bandung dan Surabaya masih tersedia, namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Ia berharap, masyarakat yang ingin memperoleh tiket kereta api untuk keberangkatan saat libur panjang akhir pekan bisa segera memesannya secara daring atau melalui aplikasi telepon selular dan sejumlah toko swalayan (minimarket) yang bekerja sama dengan PT KAI.

"Tidak perlu memesan melalui jasa perorangan agar tiket yang diperoleh benar-benar tiket asli. Sekarang, memesan tiket kereta api sudah sangat mudah," ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar nama yang tercetak di tiket sesuai dengan nama penumpang yang akan berangkat. Penumpang pun diimbau untuk selalu menyiapkan kartu identitas sebelum masuk "boarding".

"Ini untuk memudahkan penumpang dan petugas. Harapannya, penumpang sudah mengerti dan memahami aturan ini. Jika tiket tidak sesuai, maka dimungkinkan penumpang tidak akan diperbolehkan naik kereta," tegasnya.***1***

 (T.E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024