PDIP belum keluarkan penetapan terkait pilkada

id pdip

PDIP belum keluarkan penetapan terkait pilkada

PDI Perjuangan (Foto antaranews.com)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Pengurus Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belum mengeluarkan penetapan terkait hasil uji kepatutan dan kelayakan bakal calon kepala daerah untuk Pemilihan Kepala Daerah Kota Yogyakarta 2017.

"Belum ada hasilnya. Ya, kami tunggu saja apapun keputusan yang akan dikeluarkan partai. Yang pasti, kami sudah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang digelar pertengahan April," kata salah satu peserta uji kepatutan dan kelayakan Danang Rudiatmoko di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, pada awalnya terdapat lima nama bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Kota Yogyakarta yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang digelar DPP PDIP di Jakarta.

Selain Danang, terdapat beberapa nama yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yaitu Imam Priyono, Chang Wendryanto, serta nama dari kader PAN yaitu Arif Noor Hartanto dan Heroe Poerwadi. Namun, pada akhir April terdapat tambahan nama yang menyusul mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yaitu Ahmad Syauqi Suratno.

Danang menyebut, pengurus pusat partai akan langsung mengeluarkan nama pasangan bakal calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada Kota Yogyakarta 2017. "Sudah akan disebutkan siapa yang menjadi bakal calon wali kota dan siapa yang akan menjadi bakal calon wakil wali kota," katanya.

Danang memperkirakan, pengurus pusat partai tempatnya bernaung masih akan disibukkan dengan berbagai acara dalam beberapa waktu ke depan dan terganjal banyaknya hari libur nasional sehingga belum bisa menetapkan hasil uji kelayakan dan kepatutan.

Proses uji kelayakan dan kepatutan yang digelar PDIP dilakukan secara bersama-sama dan diikuti sekitar 100 peserta yang juga akan bersaing dalam pemilihan kepala daerah di daerah lain.

"Apapun keputusan partai, saya pasti akan siap. Semuanya pun harus siap," katanya.

Sebelumnya, Ahmad Syauqi Suratno diketahui mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon kepala daerah di Partai Gerindra namun belum mengembalikan formulir pendaftaran.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Yogyakarta Anton Prabu Semendawai mengatakan akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap pendaftar sebelum diajukan ke pengurus pusat untuk memperoleh rekomendasi. ***2***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024