Pemkab Gunung Kidul akan rombak kepala SKPD

id gunung kidul

Pemkab Gunung Kidul akan rombak kepala SKPD

Pemkab Gunung Kidul (foto istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melakukan perombakan kepala satuan kerja perangkat daerah untuk penyegaran dalam rangka peningkatan kinerja pegawai.

Pejabat Sekda Gunung Kidul Supartono di Gunung Kidul, Senin, mengatakan rencananya perombakan dilaksanakan pada Agustus karena bupati baru bisa melantik setelah enam bulan menjabat.

"Ada dua opsi terkait perombakan pejabat yakni menunggu perda pengaturan kelembagaan selesai. Namun hal ini menunggu Peraturan Pemerintah turunan dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Opsi kedua, perombakan dilakukan Agustus mendatang. Kemungkinan akan dilaksanakan Agustus menunggu bupati bisa melaksanakan," kata Supartono.

Menurut dia, kalau harus menunggu penataan pengaturan kelembagaan akan menunggu lama. Sebab, kemungkinan akan selesai pada tahun depan.

"Kalau menunggu SOTK bisa lebih lama lagi, karena saat ini PP masih berupa draf," katanya.

Saat ini, kata Supartono, pertimbangan jbatan dan kepangkatan sedang melakukan evaluasi terhadap kinerja pejabat struktural di Pemkab Gunung Kidul.

"Masih menunggu kewenangan sembari menunggu kewenangan bupati," katanya.

Supartono mengatakan penataan pejabat disesuaikan dengan kebutuhan apalagi saat ini banyak pejabat yang lowong diantaranya kepala bidang perdagangan dan asisten II bidang perekonomian dan pembangunan yang saat ini masih diisi oleh pelaksana tugas.

"Masih kami kaji, apakah mungkin dilakukan dengan lelang," katanya.

Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno meminta kepada pemkab untuk mengisi pejabat sesuai dengan kebutuhan, jangan hanya berdasarkan asumsi.

"Jangan sampai salah menempatkan pejabat," katanya. ***2***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024