Disdikpora Gunung Kidul siap selenggarakan UN SMP

id ujian

Disdikpora Gunung Kidul siap selenggarakan UN SMP

Ilustrasi (Foto Antara/Wahyu Putro)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap melaksanakan ujian nasioal tingkat sekolah menengah pertama dan sederajat pada 9 sampai 12 Mei 2016.

Sekretaris Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rosyid di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan ada empat sekolah yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer dari 130 SMP menggunakan soal UN "paper based test" (PBT) atau tulis.

Keempat SMP yang sudah siap untuk melaksanakan UN CBT, yakni SMP Ponjong I, SMP Karangmojo I, SMP Wonosari I, dan SMP Patuk I dengan jumlah peserta ujian 600 siswa.

"Di Gunung Kidul baru ada empat sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer," kata Bahron.

Ia mengatakan belum seluruhnya menggunakan sistem CBT karena memang terbatasnya jaringan dan saranan lainnya.

"Kalau akan melaksanakan ujian CBT, Jumlah komputer minimal harus berjumlah sepertiga dari jumlah peserta, dan belum semua sekolah memiliki," katanya.

Bahron mengatakan pihaknya sudah melakukan pemantauan kepada masing-masing sekolah yang melaksanakan UN CBT, dan mereka sudah melakukan simulasi. Selain itu pemantauan juga untuk melihat sejauh mana kesiapan jaringan internet dan listrik.

"Sekolah sudah siap semuanya, tinggal pelaksanaannya. Insya Allah lancar," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Karangmojo I Suhartanti mengungkapkan ada 166 siswa yang akan mengikuti UN CBT yang akan dilaksanakan 9-12 Mei 2016 dengan empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

"Semua sudah siap, semua suadah diperiksa. Kami juga melaksanakan simulasi pada 25 sampai 28 April 2016 tidak ada kendala yang berarti," katanya.

Ia mengatakan persiapan yang dilakukan mulai menyiapkan sarana dan prasarana, ketersediaan internet, serta listrik.

"Kami sudah mengirimkan surat permohonan kepada PLN untuk tidak melakukan pemeliharaan saat ujian berlangsung," katanya.

KR-STR