Lokasi parkir menjadi masalah liburan di Yogyakarta

id parkir

Lokasi parkir menjadi masalah liburan di Yogyakarta

Parkir (Foto jogja.antaranews.com/dok)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Ketersediaan lokasi parkir di jantung wisata Kota Yogyakarta atau di kawasan Malioboro dan sekitarnya masih menjadi masalah klasik yang selalu terulang setiap kali memasuki libur panjang.

"Saya harus berputar sampai satu jam untuk bisa memperoleh lokasi parkir. Semua parkir yang ada di sekitar kawasan Malioboro sudah penuh," kata salah seorang sopir bus pariwisata Suyanto di Tempat Khusus Parkir Abu Bakar Ali Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, sejumlah lokasi parkir yang ada di kawasan Malioboro dan sekitarnya yaitu Ngabean dan Senopati sudah dipenuhi bus-bus pariwisata yang juga mengantarkan rombongan wisatawan menuju berbagai lokasi wisata di kawasan Malioboro.

Namun demikian, kondisi yang berbeda terlihat di tempat parkir sepeda motor yang berada di lantai dua dan tiga Taman Parkir Abu Bakar Ali. Tempat parkir sepeda motor tersebut justru masih menyisakan banyak ruang kosong.

"Jika dibanding hari biasa, maka jumlah sepeda motor yang parkir pada libur panjang akhir pekan ini lebih banyak meskipun tidak sampai penuh," kata Hasyim, salah seorang juru parkir.

Ia menambahkan, jumlah sepeda motor yang memanfaatkan parkir di Taman Parkir Abu Bakar Ali akan bertambah saat malam hari dan banyak pengguna sepeda mptor yang kemudian memanfatkan lokasi parkir tersebut untuk melakukan swafoto, khususnya di lantai tiga.

Ia menyebut, sebagian besar pengguna sepeda motor yang memarkirkan kendaraannya di Taman Parkir Abu Bakar Ali justru berasal dari luar Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh mengatakan, membiasakan pengguna sepeda motor untuk memanfaatkan parkir di Taman Parkir Abu Bakar Ali membutuhkan waktu.

"Ini masih masa sosialisasi. Butuh waktu untuk membiasakan agar mereka bisa parkir di Abu Bakar Ali. Sosialisasi akan terus kami lakukan," katanya.

Sedangkan Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan, permasalahan parkir selalu dikeluhkan wisatawan saat mengunjungi Taman Pintar karena ketersediaannya terbatas.

"Parkir untuk Taman Pintar tersedia di Taman Parkir Senopati. Jika memang penuh, maka kami sarankan agar wisatawan di turunkan di Taman Pintar dan bus pariwisata parkir di lokasi lain. Mereka kemudian dijemput kembali," katanya. ***3***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024