Keluarga Besar PII berupaya wujudkan kesempurnaan pendidikan

id PII

Keluarga Besar PII berupaya wujudkan kesempurnaan pendidikan

Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (www.sayangi.com)

Jogja (Antara Jogja) - Perhimpunan Keluarga Besar Alumni Pelajar Islam Indonesia berupaya mewujudkan kesempurnaan pendidikan dan kebudayaan di negeri ini sesuai dengan ajaran Islam.

"Kami fokus membuat model pendidikan yang unggul dan Islami dengan memenuhi kebutuhan pelajar untuk sukses," kata Ketua Perhimpunan Keluarga Besar Alumni Pelajar Islam Indonesia (PII) Wilayah Yogyakarta Besar M Halimi di Yogyakarta, Jumat.

Di sela Musyawarah Wilayah (Muswil) Ke-69 Perhimpunan Keluarga Besar PII Wilayah Yogyakarta Besar, Halimi mengatakan perhimpunan membuat model pendidikan yang memadukan intelektualitas dan spiritualitas.

"Perhimpunan Keluarga Besar PII juga telah berkomunikasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk memasukkan model pendidikan ala PII itu ke dalam kurikulum pendidikan nasional. Selama ini model pendidikan itu telah diaplikasikan dalam program pelatihan PII," katanya.

Menurut dia, Perhimpunan Keluarga Besar PII siap menjadi pendamping model pendidikan tersebut dan berharap bisa ikut merumuskan kurikulum pendidikan nasional karena memiliki banyak tenaga ahli pendidikan.

"Model pendidikan yang memadukan intelektualitas dan spiritualitas itu diharapkan dapat menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan bertakwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Keluarga Besar PII Nasrullah mengatakan salah satu program PII yakni Perkampungan Kerja Pelajar telah diadopsi dalam program kuliah kerja nyata.

"Dalam program Perkampungan Kerja Pelajar yang diinisiasi PII sejak 1959 itu siswa dididik di kelas kemudian diajak bermukim di suatu kampung untuk menemukan masalah dan mencarikan solusinya," kata Nasrullah.

(B015)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024