FK UGM pamerkan ratusan proyek penelitian dosen

id UGM

FK UGM pamerkan ratusan proyek penelitian dosen

Universitas Gadjah Mada (Foto Istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada menggelar "Health Research Expo I" yang memamerkan ratusan proyek penelitian bidang kesehatan para dosen untuk kegiatan selebrasi ilmiah fakultas itu.

Ketua Panitia "Health Research Expo I" (HRE) Muhammad Ary Zucha di Yogyakarta, Selasa, mengatakan pameran yang digelar di Fakultas Kedokteran (FK) UGM mulai 17 Mei-17 Juni 2016 itu akan menampilkan 210 proyek penelitian dengan format buku abstrak, poster ekspo, dan seminar ilmiah.

"Jadi seluruh proyek penelitian yang dikerjakan para dosen dan peneliti FK UGM selama 1 tahun akan dipamerkan di situ," kata dia.

Menurut dia, beberapa proyek penelitian terpilih akan diundang sebagai pembicara dalam seminar ilmiah dan pada akhir pameran tersebut berkesempatan mendapatkan penghargaan.

"Penelitian terbaik akan mendapatkan penghargaan sebagai "Research of the Year"," kata dia.

Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama FK UGM Adi Utarini mengatakan dengan menampilkan penelitian yang sedang atau telah berlangsung tersebut diharapkan memberikan ide penelitian kepada mahasiwa.

"Hal ini menjadi pintu awal bagi mahsiswa untuk memperoleh informasi penelitian yang dikerjakan di FK UGM," kata dia.

Menurut Adi, dalam pameran proyek penelitian tersebut terdiri atas dua tema besar yakni "Kebugaran, Penuaan dan Gaya Hidup Sehat", serta "Teknologi Intervensi Medik dan Kesehatan Masyarakat".

Ia mengatakan, pameran proyek penelitian itu juga diharapkan dapat menghubungkan para dosen atau peneliti kepada pihak-pihak terkait termasuk pemerintah, serta lembaga-lembaga pemberi dana seperti Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI).

"Salah satu kendala yang dihadapi para peneliti di Indonesia adalah alokasi dana penelitian yang kecil.

Saat ini alokasinya masih 0,09 persen dari "Gross Domestic Product (GDP)," kata dia.

Menurut dia, guna mendukung kulitas kualitas penelitian dosen maupun mahasiwa, bersamaan dengan pembukaan Health Research Expo, Selasa (17/5), Fakultas Kedokteran UGM juga meluncurkan Laboratorium Riset Terpadu yang bertujuan menyediakan fasilitas riset yang berstandar internasional dengan sistem yang terintegrasi.***4***

(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024