Peduli lingkungan melalui Festival Bedog Nusantara

id festival bedog

Peduli lingkungan melalui Festival Bedog Nusantara

Ratusan peserta mengikuti kirab saat pembukaan Festival Bedog Nusantara 2016 di Kaliabu, Banyuraden, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (18/5). Kirab yang diikuti oleh rastusan peserta itu menjadi pembuka Festival Bedog Nusantara 2016 yang akan men

Sleman, (Antara Jogja) - Warga Padukuhan Kaliabu, Banyuraden, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kegiatan buday "Festival Bedog Nusantara" dengan tema "Jaga Aku Demi Bumi Nusantara", Rabu.

"Kegiatan "Festival Bedog Nusantara" ini diikuti berbagai komunitas budaya, sanggar seni, ikatan pelajar dan mahasiswa (IKPM) dari berbagai daeah serta warga sekitar," kata seksi acara Festival Bedog Nusantara Hari Guruh Akbar.

Menurut dia, tujuan dari kegiatan ini ingin terus mejaga kelestarian lingkungan hidup sungai dan menjaga nilai-nilai budaya nusantara.

"Nilai-nilai budaya ditonjolkan melalui arak-arakan budaya dan pentas seni," katanya.

Sejumlah perwakilan IKPM dari berbagai wilayah seperti Lampung, Lombok dan Bali itu serta dalam arak-arakan dengan menggunakan pakaian khas masing-masing daerah.

Sementara di bantaran sungai, kegiatan difokuskan pada pertunjukkan kesenian baik tari maupun musik.

Berbagai perwakilan dari tiap daerah membawakan musik khas dari daerah masing-masing.

Ia mengatakan, festival budaya bisa menyatu dengan lingkungan sekitar. Sebab kebudayaan sungai sangat kental dengan Indonesia.

"Ini ditandai dengan keberadaan sungai-sungai di setiap wilayah di Indonesia," katanya.

Sesepuh Padukuhan Kaliabu Suprapto menjelaskan, warga Kaliabu semakin sadar dengan kebersihan sungai.

"Masyarakat, kini sudah mulai sadar dan mengelola sampah. Sekarang masyarakat sedikit bisa menikmati hasilnya karena sungai Bedog kini bisa menjadi tempat wisata," katanya.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024