Pakar: remaja memerlukan kegiatan kreatif

id Pakar: remaja memerlukan kegiatan kreatif

Pakar: remaja memerlukan kegiatan kreatif

Ilustrasi (ist)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Remaja memerlukan kegiatan kreatif sebagai wadah aktualisasi diri agar tidak terjerumus pada perilaku negatif, kata pakar pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Wuryadi.

"Usia remaja membutuhkan wadah aktualisasi. Kebutuhan itu perlu segera dijawab dengan mengarahkan pada kegiatan-kegiatan kreatif," kata Wuryadi di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, maraknya kasus kekerasan dengan melibatkan anak usia remaja antara lain disebabkan masih minimnya sensitifitas sekolah atau lembaga kemasyarakatan merespons kebutuhan mereka untuk mengaktualisasikan diri.

Tanpa adanya kepekaan terhadap kebutuhan itu, remaja akan mudah menjadi sasaran pengaruh negatif dari globalisasi seperti perilaku konsumtif, radikalisme hingga pornografi.

"Peritistiwa negatif yang melibatkan generasi muda bukan semata-mata kesalahan mereka. Mereka bisa disebut korban dari sistem atau lingkungan yang ada," kata Wuryadi yang juga Ketua Dewan Pendidikan DIY.

Penyediaan wadah kreativitas, menurut Wuryadi, bisa diwujudkan dalam berbagai fokus kegiatan, bukan hanya ekonomi, namun juga kegiatan sosial, olahraga, atau seni.

"Dalam kegiatan ekonomi, mereka misalnya dapat diikutkan untuk menghidupkan kuliner atau makanan tradisional daerah masing-masing," kata dia.

Sekolah, orang tua, serta masyarakat, kata dia, perlu menyediakan wadah kreativitas secara terintegrasi. Dengan demikian, ketiganya bisa saling mengontrol dan melakukan evaluasi perkembangan anak.

"Sekarang memang sudah banyak wadah kegiatan untuk remaja, sayangnya masih berjalan sendiri-sendiri," kata dia.

Selain itu, Wuryadi juga menekankan agar orang tua menghindari prinsip lepas tangan atau pasrah kepada sekolah dalam mendidik atau membentuk karakter anak.

"Jadi sekolah dengan orang tua perlu membentuk hubungan harmonis guna mempersiapkan mental atau karakter anak. Jangan berjalan sendiri-sendiri," kata dia.

(T.L007)