459 calon haji Bantul lunasi BPIH

id 459 calon haji Bantul lunasi BPIH

459 calon haji Bantul lunasi BPIH

jamaah haji Indonesia (Foto Antara)

Bantul (Antara Jogja) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sebanyak 459 calon haji asal daerah ini telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji sehingga dipastikan bisa diberangkatkan pada 2016.

"Kuota haji DIY tahun ini berjumlah 2.455 orang, untuk Bantul kalau semua melunasi BPIH ada 683 orang, namun hingga sekarang yang sudah melunasi sebayak 459 orang," kata Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kemenag Bantul, Bambang Inanta di Bantul, Rabu.

Menurut dia, besaran BPIH tahun 2016 sekitar Rp34,8 juta, biaya tersebut harus dilunasi calon haji Bantul yang sudah masuk daftar tunggu haji tahun ini terhitung sejak 19 Mei sampai 10 Juli 2016 atau pelunasan tahap pertama.

Ia mengatakan sudah melakukan sosialisasi kepada para calon haji tersebut untuk melunasi dalam jangka waktu tersebut, sebab jika tidak melunasi maka porsi akan diberikan kepada calon haji Bantul lainnya pada pelunasa tahap dua.

"Bagi mereka yang dijatah melunasi tahap pertama harus melunasi, kalau tidak maka akan dibuka tahap dua pada 20 Juli-30 Juli bagi jamaah lain. Namun kalau semua tahap pertama melunasi, maka tahap dua otomatis tidak dibuka," katanya.

Menurut dia, pelunasan BPIH tahap dua diperuntukkan bagi mereka yang gagal sistem atau eror dalam sistem komputerisasi saat proses pelunasan tahap pertama, kemudian calon haji yang pernah haji, namun punya nomor porsi haji tahun 2016.

"Selanjutnya bagi lanjut usia (lansia) minimal berusia 75 tahun, terhitung paling lambat pada 9 Agustus 2016, kemudian kalau masih ada sisa bagi calon dari keluarga misal istri, suami atau anak dari yang berangkat tahun ini," katanya.

Sementara itu, Bambang mengatakan, dari sisi kesehatan calon jamaah haji, sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama pada Maret 2016 oleh petugas kesehatan dari puskesmas masing-masing yang dikoordinir Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul.

"Sedangkan pemeriksaan kesehatan tahap lanjutan akan dilaksanakan pada Juli nanti. Namun dalam waktu dekat ini akan dilakukan pengukuran kebugaran bagi calon haji di Pemda, misalnya diuji jalan cepat sekuatnya," katanya.

Sedangkan daftar tunggu haji Bantul, Bambang mengaku belum mengetahui pasti, akan tetapi bagi warga yang mendaftar haji tahun ini, sesuai daftar tunggu baru bisa diberangkatkan pada 2034 atau menunggu selama 18 tahun.

(T.KR-HRI)