Disbudpar Sleman gelar Festival Budaya dan Kuliner

id Disbudpar Sleman gelar Festival Budaya dan Kuliner

Disbudpar Sleman gelar Festival Budaya dan Kuliner

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa) (istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar Festival Budaya dan Kuliner Sleman 2016 bertempat di Taman Kuliner Condongcatur, Depok, pada Jumat (27/5) hingga Minggu (29/5).

"Festival ini berisikan tiga atraksi utama yaitu Festival Kuliner Kangen Sleman, Festival Macapat Nusantara, dan Festival Ragam Budaya yang dipadukan dalam satu kemasan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Rabu.

Menurut dia, festival itu digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sleman Ke-100 yang mengangkat tema "Dengan Hari Jadi Ke-100 Kabupaten Sleman Kita Kedepankan Nilai-Nilai Budaya dalam Mewujudkan Masyarakat Sleman Sembada".

Kegiatan itu juga untuk memberikan ruang ekspresi bagi seniman dan budayawan untuk tampil menunjukkan kebolehannya.

"Dengan kata lain wahana ini dimaksudkan untuk melakukan upaya-upaya pengembangan, pelestarian, dan pemanfaatan terhadap seni dan budaya yang ada di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini juga untuk memberikan sarana apresiasi dan hiburan bagi masyarakat secara umum sehingga mereka akan lebih mengenal, memahami, dan memiliki rasa "handarbeni" terhadap budaya lokal yang "adiluhung".

"Melalui apresiasi terhadap budaya lokal diharapkan akan menjadi filter terhadap pengaruh-pengaruh negatif dari budaya asing akibat derasnya arus globalisasi dan kebebasan informasi," katanya.

Ayu mengatakan Festival Kuliner Kangen Sleman dilaksanakan Jumat (27/5) dan Sabtu (28/5) di Taman Kuliner Condongcatur Depok Sleman yang menyajikan 40 stan kuliner.

"Selain itu juga ditampilkan berbagai kesenian seperti Jathilan, Tari Dayakan Topeng Ireng Simo Merapi, angklung Toi Lurik, Kethoprak Humor dari Dimas Diajeng Sleman 2016, Stand-Up Komedi `nDeso Must Go On` dari Komunitas Anang Batas," katanya.

Sedangkan pada Sabtu (28/5) mulai pukul 10.00 WIB dipentaskan Pertunjukan Seni Anak-Anak oleh Dimas Diajeng Cilik Sleman, Gejog Lesung, Perkusi Angklung, Band dari Fakultas Geografi UGM dan Paksi Raras Alit Band, Keroncong Langen Gita dari Kalasan, dan Sajian Musik Etnis.

Festival Macapat Nusantara dilaksanakan pada Sabtu (28/5) pukul 19.30 hingga 22.00 WIB di Taman Kuliner Condongcatur Depok Sleman dengan peserta yang berasal dari perwakilan Provinsi Bali, Lombok, Kabupaten Mojokerto, Kota Cirebon, Kabupaten Banyumas, dan DIY.

Sementara Festival Ragam Budaya akan dilangsungkan Minggu (29/5) pukul 09.00 hingga 22.30 WIB di dua panggung.

"Festival Ragam Budaya ini menampilkan potensi ragam budaya dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman, yang terdiri dari seni kerakyatan, seni dolanan anak, seni langen carito, dan seni jathilan serta seni religius," katanya.


(U.V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024