Pemkab Gunung Kidul imbau masyarakat ikut tirakatan

id gunung kidul

Pemkab Gunung Kidul imbau masyarakat ikut tirakatan

Pemkab Gunung Kidul (foto istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau semula lapisan masyarakat mengikuti malam tirakatan pada Kamis (26/5) untuk memeriahkan hari jadi ke-185 wilayah itu.

Ketua II panitia peringatan Hari Jadi ke-185 Gunung Kidul Sumedi di Gunung Kidul, Rabu, mengungkapkan perayaan hari jadi merupakan peringatan untuk masyarakat Gunung Kidul, sehingga hendaknya semua ikut mendukung.

"Pada Kamis pagi, sekitar 08.00 WIB diharapkan ada pentas seni gaung gamelan potensi desa di 144 desa," kata Sumedi.

Upacara puncak peringatan akan berlangsung di Alun-alun Wonosari dengan pakaian kejawen gagrak Jogja. Upaya ini akan diikuti para PNS, TNI, Polri, anggota DPRD dan lembaga BUMN serta BUMD.

Selesai upacara, menurut Sumedi pada Jumat siang 14.00 WIB dilakukan kirab budaya yang diikuti masyarakat di 18 kecamatan.

"Kirab keliling Kota Wonosari dengan berjalan kaki dan pakaian jawa ini akan diberangkatkan dari Alun-alun Wonosari," katanya.

Sementara itu, Bambang Sukemi menambahkan perayaan hari jadi anggarannya Rp350 juta, dengan berbagai kegiatan diantaranya berbagai lomba dan bakti sosial.

"Selain itu, kami juga melakukan ziarah ke makam pemimpin Gunung Kidul yang ada di Yogyakarta maupun Gunung Kidul, termasuk anjangsana ke rumah mantan bupati," katanya.

Ia berharap masyarakat untuk mengikuti kegiatan. Selain itu mecahan rekor Muri pentas campursari 90 jam nonstop yang dimulai sejak Sabtu (21/5) malam hingga Rabu (25/5) malam.

"Meski pentas seni campursari ini dilakukan nonstop, tetapi tidak pernah sepi penonton, bahkan pada 01.00 WIB dinihari saja. Kami lihat Alun-alun Wonosari dijubeli penonton," tuturnya.

Bahkan diakui, di Alun-alun Wonosari ini hingga Sabtu (4/6) setiap harinya akan ada pentas seni dan panggung hiburan rakyat yang semuanya bisa ditonton warga secara gratis. ***4***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024