DIY pastikan persediaan daging mencukupi selama Ramadhan

id persediaan daging

DIY pastikan persediaan daging mencukupi selama Ramadhan

Ilustrasi, daging sapi (Foto ANTARA)

Jogja (Antara) - Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan persediaan daging sapi di daerah ini selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1437 Hijriah mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Ketersediaan daging dan sapi hidup untuk dipotong selama Ramadhan kami pastikan aman," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian DIY Sutarno saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis.

Ia mengatakan rata-rata setiap rumah pemotongan hewan (RPH) yang ada di Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, dan Sleman mampu memotong 15-20 ekor sapi per hari dengan berat hidup 300 kilogram per ekor.

Populasi sapi di DIY hingga saat ini, menurut dia, mencapai 300.000 ekor yang terdiri atas 60 persen sapi jenis limousin, simental, dan sapi blasteran keduanya, serta 40 persen sisanya sapi putih.

Kebutuhan daging sapi masyarakat Yogyakarta khususnya rumah tangga selama bulan Ramadhan diperkirakan meningkat 5-10 persen dari hari biasa yang rata-rata mencapai 0,5 ton per hari.

"Artinya, produksi daging cukup aman. Permintaan biasanya akan kembali mengalami lonjakan sepekan menjelang dan setelah Lebaran," kata Sutarno.

Menurut dia, tingkat permintaan daging sapi di Yogyakarta justru lebih didominasi oleh pengusaha bakso, soto, serta pengusaha kuliner lainnya dibanding rumah tangga.

Terkait harga daging sapi di pasaran selama Ramadhan, menurut dia, para peternak dan pengusaha daging sapi dalam rapat koordinasi bersama Distan DIY serta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY telah bersepakat tidak akan menaikkan harga secara signifikan kendati masih di kisaran Rp100 ribu per kg.

"Mereka bersepakat tidak akan menaikkan harga daging terlalu tinggi," kata dia.

Pada kesempatan itu Sutarno juga mengatakan untuk Ramadhan dan Lebaran tahun ini tidak ada pengiriman sapi ke Jakarta dan Jawa Barat seperti tahun-tahun sebelumnya karena persediaan sapi di kedua wilayah tersebut akan dipenuhi dengan sapi impor.

(L007)