20 Tim ikuti Festival Perahu Naga

id 20 Tim ikuti Festival Perahu Naga

20 Tim ikuti Festival Perahu Naga

Ilustrasi lomba Perahu Naga (Foto antarafoto.com) (antarafoto.com)

Bantul,(Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat 20 tim dari dalam dan luar provinsi itu bakal mengikuti Festival Perahu Naga di kawasan Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul pada 29 Mei 2016.

"Sampai saat ini sudah ada sebanyak 20 tim yang mendaftar, 16 tim di antaranya berasal dari DIY, sisanya dari luar daerah, yaitu Blora, Pati, Semarang (Jawa Tengah), dan Jakarta," kata Kasi Objek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Wardoyo di Bantul, Jumat.

Dia menjelaskan Festival Perahu Naga di Pantai Depok tersebut digelar oleh Jogja Chinese Art and Culture Centre (JCACC) atau Pusat Seni dan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PSBTY) yang bekerja sama dengan Dispar DIY serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul.

Festival yang sudah menjadi agenda tahunan itu digelar dalam serangkaian perayaan Peh Cun, suatu perayaan suci masyarakat Tionghoa yang diperingati setiap tanggal 5 bulan 5 tahun China, yang mana pada tahun masehi ini jatuh pada 9 Juni 2016.

Wardoyo mengatakan Festival Perahu Naga 2016 akan menggunakan lintasan sepanjang kurang lebih 500 meter di utara Pantai Depok, tepatnya aliran Sungai Opak.

"Panjang lintasan pada festival ini sama seperti tahun lalu, festival ini memperebutkan Piala Gubernur DIY Sri Sultan HB X serta hadiah uang pembinaan kepada peserta terbaik dengan total sekitar Rp100 juta," katanya.

Dia mengatakan puncak Festival Perahu Naga pada Minggu (29/5) rencananya dihadiri Bupati Bantul Suharsono serta sejumlah pejabat daerah terkait dan pecinta dayung dari Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) setempat.

"Dalam `event` ini juga akan ada penampilan kesenian dari regu kesenian Tionghoa, salah satunya dari Kampung Ketandan Yogyakarta dan beberapa kesenian lainnya. Bupati Bantul dipastikan akan hadir di hari Minggu," katanya.

Dia mengatakan penyelenggaraan Festival Perahu Naga di Pantai Depok sudah digelar untuk kesekian kali setelah beberapa tahun lalu digelar di Bendung Tegal, Desa Wisata Kebonagung, Imogiri Bantul.

"Dispar DIY memang mendorong objek wisata Pantai Depok bisa dijadikan destinasi wisata air di wilayah DIY, itu yang menjadi pertimbangan kami untuk memilih pantai Depok," katanya.

(T.KR-HRI)