DKP optimistis persediaan ikan aman selama Ramadhan

id ikan laut

DKP optimistis persediaan ikan aman selama Ramadhan

Ikan segar (Foto ANTARA/dok)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis persediaan ikan laut maupun budi daya di daerah itu aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Puasa Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Meski aktivitas penangkapan ikan agak terganggu dengan tingginya ombak di Laut Selatan, tidak terlalu berpengaruh terhadap persediaan ikan," kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY Suwarman Partosuwiryo di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Warman, guna memenuhi produksi ikan tangkap dan budidaya selama 2016 yang ditargetkan mencapai 106.800 ton, maka aktivitas penangkapan ikan laut maupun budi daya di DIY rata-rata ditargetkan mencapai 290 ton per hari.

Sedangkan kebutuhan masyarakat terhadap ikan pada tahun ini diperkirakan mencapai 29,89 kilogram (kg) per kapita per tahun atau sedikit meningkat dari kebutuhan masyarakat pada 2015 yang masih mencapai 27,4 kg per kapita per tahun.

Menurut Warman, peningkatan konsumsi masyarakat DIY terhadap ikan merupakan buah dari kampanye gemar makan ikan yang terus digencarkan hingga saat ini.

"Meski kebutuhan meningkat, persediaan masih mencukupi," kata dia.

Ia mengatakan secara umum di DIY memang belum pernah mengalami kelangkaan ikan, sebab apabila persediaan ikan tidak mencukupi, langsung ditutup dengan pasokan ikan yang didatangkan dari luar daerah.

"Selama 2016 kami perkirakan pasokan ikan dari luar daerah mencapai 32 persen dari persediaan yang ada," tuturnya.

Menurut dia, agar produktivitas tangkapan ikan nelayan selalu mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, pihaknya terus mengingatkan para nelayan untuk menambah lama waktu pelayaran.

Agar mencukupi kebutuhan ikan di DIY tanpa bergantung pada pasokan ikan dari luar daerah maka, menurut dia, penangkapan ikan di laut setidaknya dapat ditempuh dengan rata-rata enam hingga sepuluh hari untuk sekali perjalanan pelayaran.

"Sehingga sekali berlayar dapat diperoleh paling tidak 7,5 ton ikan untuk satu kapal," ujar Warman.***1***

(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024