Agrowisata Salak Pondoh Sleman siap sambut liburan

id salak pondoh

Agrowisata Salak Pondoh Sleman siap sambut liburan

Petani salak (Foto antarafoto.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Agrowisata salak pondoh di Gadung, Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menyambut wisatawan pada liburan sekolah maupun lebaran nanti.

"Kami terus melakukan pembenahan di kawasan Agrowisata Salak Pondoh. Selain karena kondisi yang selama ini seadanya, juga untuk menghadapi lonjakan pengunjung pada musim libur," kata petugas di Agrowisata Salak Pondoh Ipung di Sleman, Jumat.

Menurut dia, pembenahan yang dilakukan dimulai pada jalan setapak dan fasilitas kamar mandi dengan menggunakan dana bantuan dari Provinsi DIY.

"Pembenahan dilakukan agar pengunjung yang datang nantinya bisa lebih nyaman, untuk berlama-lama menikmati kebun salak pada musim libur sekolah, puasa dan lebaran," katanya.

Ia mengatakan, berdasar pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, pada saat tersebut pengunjung di Agrowisata Salak Pondoh yang mempunyai luasan tidak kurang dari 27 hektare ini selalu melonjak drastis.

"Saat liburan pengunjung bisa lebih dari 500 orang setiap minggunya. Kalau hari biasa seperti ini pengunjung minimal 100 hingga 200 orang. Dari Malaysia, Papua, utamanya luar daerah," katanya.

Ipung mengatakan, meski tidak sedang panen raya, salak di agrowisata ini dijamin stoknya. Bahkan, harganya juga tidak terlalu ada kenaikan.

"Masih sekitar Rp8.000 sampai Rp10.000. Dengan harga tersebut, pengunjung sudah dapat makan salak pondoh sepuasnya di kebun dengan memetik sendiri. Namun ketika salak akan dibawa pulang harga per kilogram menyesuaikan pasaran," katanya.

Ia mengatakan, di sekitar kawasan agrowisata ini, masyarakat sekitar juga menyediakan berbagai makanan-makanan olahan dari buah salak, seperti manisan, keripik, rujak, serta bakpia.

"Berbagai makanan tersebut diproduksi oleh warga setempat untuk menambah pendapatan keluarga," katanya.***1***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024