Gubernur DIY dukung "art|jog" terus berlanjut

id seni

Gubernur DIY dukung "art|jog" terus berlanjut

Ilustrasi pameran seni rupa (foto Antara/Sigid Kurniawan)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X berharap penyelenggaraan perayaan seni kontemporer internasional "ART|JOG" dapat terus berlanjut karena dinilai efektif mengenalkan karya seni lokal di kancah internasional.

"Kami menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan ART|JOG 9 ini dengan harapan lanjut," kata Sultan dalam pembukaan ART|JOG 9 di Jogja National Museum (JNM) Yogyakarta, Jumat malam.

Ajang perayaan tahunan seni kontemporer internatsional ART|JOG 9 yang mengangkat tema "Universal Influence" menghadirkan 97 karya seni rupa dari 72 seniman dalam negeri maupun mancanegara di JNM pada 27 Mei hingga 27 Juni 2016.

Menurut Sultan, Yogyakarta sangat berkepentingan untuk terus memacu pertumbuhan industri kreatif, sebab industri itu telah berkontribusi positif terhadap perekonomian masyarakat setempat.

"Perkembangan industri kreatif merupakan pilar utama yang memperkuat sektor ekonomi kreatif yang memberi dampak positif bagi ekonomi masyarakat Yogyakarta," kata dia.

Menurut Sultan, Yogyakarta menyediakan potensi cukup besar dalam bidang industri kreatif yang berbasis keahlian dan bakat individu.

"Perkembangan industri kreatif sangat ditentukan oleh karya atau kreativitas individu yang berbasis talenta. Yogyakarta menyediakan potensi besar ini," kata Sultan.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan Yogyakarta sudah saatnya memiliki lebih banyak ruang publik dengan festival modern agar terus muncul terobosan kreativitas baru untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif.

Menurut dia, gelaran ART|JOG dapat terus didukung bukan hanya pemerintah, tetapi juga korporasi.

"Saya bangga menjadi saksi mata pengaruh ART|JOG terhadap kemajuan kreativitas seni dan budaya," katanya.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi mengatakan seni dan budaya merupakan salah satu pilar yang memperkuat identitas dan karakter bangsa.

"Oleh karena itu, kami ingin meningkatkan peran aktif dalam mengembangkan seni dan budaya Indonesia," katanya.

Direktur ART|JOG 9 Heri Pemad mengatakan tahun ke sembilan perayaan seni rupa tersebut menghadirkan karya seniman pilihan. Sejumlah nama seniman dalam negeri yang dihadirkan dalam gelaran seni tersebut antara lain pelukis Nasirun, Djoko Pekik, Agus Suwage, FX Harsono, dan sineas Garin Nugroho.

(L007)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024