Alumni UIN Suka diharapkan berperan bangun negara

id alumni

Alumni UIN Suka diharapkan berperan bangun negara

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Foto Antara)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta diharapkan bisa berperan membangun negara dan memberdayakan masyarakat berdasarkan bekal ilmu, pengalaman, keterampilan, dan akhlak mulia.
     "Peran tersebut sesuai dengan profesi masing-masing alumni yang tergabung dalam Ikasuka," kata Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yudian Wahyudi di Yogyakarta, Sabtu.
     Pada wisuda 521 lulusan UIN Suka periode III tahun akademik 2015/2016 tahap II, Yudian mengatakan kehadiran alumni baru yang diwisuda hari ini diharapkan dapat memperkuat jaringan alumni UIN Suka.
     "Salah satu kriteria keberhasilan mahasiswa dalam studi di perguruan tinggi adalah mengikuti prosesi wisuda sebagai apresiasi selama kuliah," katanya.
     Menurut dia, periode ini UIN Suka mewisuda 521 lulusan program sarjana (S-1) dan pascasarjana (S-2 dan S-3) terdiri atas 413 lulusan S-1 dan 108 lulusan S-2 dan S-3. Dari 521 lulusan yang diwisuda, sebanyak 213 lulusan menyandang predikat cumlaude.
     "Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi program S-1 diraih Fauziyah Salamah dari Program Studi Perbandingan Mazhab dengan IPK 3,93. Program pascasarjana diraih Muhammad Askar dari Pendidikan Guru Raudlatul Athfal dengan IPK 3,92," katanya.
     Dengan tambahan 521 lulusan, kata Yudian, hingga saat ini jumlah total lulusan atau alumni UIN Suka sebanyak 50.531 orang, yang 493 orang di antaranya bergelar doktor dan 3.737 bergelar master.
     "Mereka tersebar di seluruh pelosok Tanah Air bahkan ada yang berkarya di mancanegara dan menekuni berbagai macam profesi baik di pemerintahan, swasta maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM)," kata Yudian.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024