Lulusan UNY diharapkan mampu tunjukkan kompetensi

id uny

Lulusan UNY diharapkan mampu tunjukkan kompetensi

Rektor UNY Rochmat Wahab (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Setiap lulusan perguruan tinggi termasuk Universitas Negeri Yogyakarta harus mampu menunjukkan kompetensi, kecakapan, dan keahliannya dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN.
     "Selain itu kemampuan adaptasi dan kreativitas sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan yang terus berubah dan berkembang," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab di Yogyakarta, Sabtu.
     Pada wisuda lulusan S-3, S-2, S-1, dan D-3 UNY periode Mei, Rochmat mengatakan era MEA yang sedang dihadapi memungkinkan dapat menghadirkan banyak kesempatan bagi para pencari kerja dengan berbagai kebutuhan akan keahlian.
     Menurut dia, siapapun yang memiliki keahlian dapat mengakses pekerjaaan yang tidak hanya di dalam negeri melainkan juga yang ada di luar negeri terutama di negara-negara ASEAN.
     Sebaliknya yang tidak memiliki keahlian yang memadai semakin kesulitan dalam menghadapi pesaing baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
     "Jadikanlah diri anda 'problem solver', 'independent learner', dan 'life long learner' sehingga akan bisa 'survive' dan berhasil dalam memenangkan tantangan masa depan," katanya.
     Ia mengatakan ada tiga pilar yang memberikan stabilitas dalam kehidupan pekerja yaitu kemapanan ekonomi, keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga serta tempat kerja yang nyaman.
     "Memperhatikan tiga pilar itu kiranya para wisudawan perlu mampu mengeksplorasi kecakapan dan keahliannya yang dapat menjamin keamanan ekonomi dirinya sejak selesainya wisuda hingga masa pensiun," katanya.
     Menurut dia, wisudawan harus bisa berkomitmen untuk mengamalkan etos kerja, menerapkan dan mengembangkan ilmunya secara optimal sehingga menghasilkan nafkah yang barokah.
     Selanjutnya membangun keseimbangan kehidupan keluarga dan dunia kerjanya sehingga dapat meraih kebahagiaan dunia akhirat yang menjadi cita-cita. Mengelola waktu dengan menekankan pentingnya kualitas waktu yang digunakan bersama keluarga sangat penting.
     "Demikian pula dapat menjamin kondisi yang aman dan damai dalam dunia kerja dengan terus menegakkan kesejajaran dan rasa keadilan dalam setiap tindakan baik sebagai pekerja maupun pimpinan," kata Rochmat.
     Peserta wisuda pada periode ini sebanyak 1.147 orang dengan rincian 9 orang (S-3), 105 orang (S-2), 791 orang S-1 Kependidikan, 151 orang S-1 Non-Kependidikan, dan 91 orang D-3 Non-Kependidikan.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024