Disperindagkop antisipasi jajanan pasar tidak standar kesehatan

id Disperindagkop Bantul

Disperindagkop antisipasi jajanan pasar tidak standar kesehatan

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul (Antara) - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan pengawasan terhadap jajanan pasar untuk mengantisipasi peredaran produk pangan yang tidak standar kesehatan selama Ramadhan.

"Pengawasan terhadap jajanan pasar sebelum puasa sudah mulai dilakukan sejak beberapa hari lalu, sehingga harapan kita memasuki bulan puasa jajajan yang dijual itu sudah memenuhi standar kesehatan," kata Kepala Disperindagkop Bantul, Sulistyanto, di Bantul, Minggu.

Menurut dia, pengawasan terhadap jajanan pasar di sejumlah pasar tradisional daerah ini dilakukan dengan menggandeng petugas dari Balai Pengawasan dan Obat Makanan (BPOM) Yogyakarta, kegiatan pengawasan pra-puasa ini dilakukan hingga 2 Juni 2016.

Pengawasan terhadap produk jajanan pasar jelang Ramadhan ini lebih ditekankan pada sosialisasi maupun pembinaan kepada para pedagang jajanan, supaya yang dijual memenuhi syarat kesehatan.

"Ini sebagai langkah preventif kami sebelum puasa, dengan harapan jajanan yang dijual memenuhi standar kesehatan, mengingat jajanan ini banyak dicari masyarakat untuk berbuka, sehingga perlu ada sosialisasi," katanya.

Sulistyanto mengatakan pengawasan pangan sebagai langkah pencegahan peredaran jajaran pasar tidak standar kesehatan menghadapi puasa ini baru yang pertama dilakukan, sebab tahun-tahun sebelumnya pengawasan hanya dilakukan saat puasa.

"Kemarin kan pengawasan dilakukan sudah masuk bulan puasa dan masih ditemukan (jajanan tidak standar) karena kemarin seolah bukan preventif, tetapi langsung disampaikan tahu-tahu yang ini tidak boleh dijual, makanya kami antisipasi," katanya.

Sementara itu, menurut dia, pengawasan terhadap produk makanan dan minuman di toko modern maupun minimarket berjejaring akan dilakukan mulai pertengahan puasa, untuk mengantisipasi peredaran produk pangan yang sudah kedaluwarsa.

"Kalau di toko modern maupun minimarket rata-rata sudah memenuhi standar, hanya saja pengawasan dilakukan menjelang Lebaran karena rentan ada produk-produk yang sudah kedaluwarsa," katanya.

(KR-HRI)