DPR minta pemerintah perkuat koordinasi stabilkan harga

id DPR

DPR minta pemerintah perkuat koordinasi stabilkan harga

logo DPR RI (Foto Antaranews)

Jakarta (Antara) - Wakil Ketua Komisi IV DPR, Daniel Johan meminta pemerintah perkuat koordinasi agar stok kebutuhan pokok masyarakat tidak mengalami hambatan sehingga harga tetap stabil khususnya menjelang dan selama bulan Ramadhan.

"Pemerintah perkuat kordinasi saja agar stok tersebut tidak mengalami hambatan dalam distribusi ke pasar-pasar," katanya di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, daripada pemerintah mengimpor barang kebutuhan pokok masyarakat, lebih baik membuat kebijakan terbatas penetapan harga eceran tertinggi selama bulan Ramadhan dan lebaran tahun ini.

Dia menilai pemerintah jangan membuat kebijakam yang menelan salah satu pihal terkait secara tidak seimbang karena akan membuat harga tidak terkendali.

"Pemerintah harus memastikan petani dan pedahang untung optimal namun tetap dalam batas wajar. Sementara konsumen yang sedang berpuasa dan lebaran tidak menghadapi harga terlalu tinggi," ujarnya.

Wakil Sekjen PKB itu mengkritik Menteri Pertanian yang selalu mengatakan bahwa harga pangan akan terkendali, namun kenyataanya memasukk bulan Ramadhan, pasokan pangan tidak berjalan baik.

Menurut dia, kalau Mentan meyakini bahwa suplai lebih tinggi dari permintaan, seharusnya kebijakan impor tidak tepat.

"Tetapi yang harus dipastikan adalah koordinasi distribusi pangan agar tidak terhambat. Pasokan memang besar dari permintaan dan itu akan jamin stabilitas harga," tuturnya.

Daniel juga mengkritisi Mentan yang mengatakan pasokan kebutuhan cukup namun pada kenyataannya harga-harga sudah naik.

Dia menduga data yang dimiliki Mentan tidak sinkron, apakah datanya tidak tepat atau pelaksanaan kebijakan tidak berjalan.

"Saya mendorong tidak perlu berpolemik, kalau memang suplai cukup maka lakukan saja kebijakan terbatas," ujarnya.

(I028)