Daging sapi di Wonosari Rp120 ribu/kg

id Daging sapi

Daging sapi di Wonosari Rp120 ribu/kg

Ilustrasi, pemjualan daging sapi (Foto ANTARA)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Harga daging sapi menjelang Ramadhan di Pasar Argosari, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencapai Rp120 ribu per kilogram yang mengakibatkan peminatnya menurun.

Salah seorang pedagang daging, Watini Pono, di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan daging sapi masih menembus angka Rp120 ribu per kilogram, daging kambing menyentuh angka Rp110 ribu.

"Kemungkinan karena harga sapi per ekornya masih tinggi sehingga harga daing juga masih tinggi. Harga seekor sapi sekarang untuk ukuran sedang saja bisa menyentuh Rp14 juta," kata Watini.

Ia mengatakan harga daging sapi dengan kualitas baik dijual dengan harga Rp120 ribu sampai Rp125 ribu per kg, harga daging sapi dengan kualitas medium Rp90 per kg. "Harga kulit sapi dijual Rp35.000 setiap kg dan daging kambing Rp110 ribu per kg," katanya.

Watini mengaku pihaknya mendengar dari media massa bahwa Presiden Joko Widodo menjanjikan akan menurunkan harga daging sapi hingga Rp80 ribu per kg. "Kalau saya sih ikut saja. Mau diturunkan ya saya turunkan, asalkan saya bisa mendapatkan harga yang murah juga," kata dia.

Sementara itu, pedagang lainnya Inah mengaku harga daging sapi yang terus tinggi mengakibatkan jumlah pembeli terus menurun. Penurunana ini dikarenakan banyak pembeli yang mengurangi jumlah pembelian mereka.

Ia dan pedagang lain, hanya mengandalkan pelanggan tetap. Saat ini jarang ada warga yang menggelar hajatan.

"Kalau tidak punya pelanggan, terus terang kami bisa rugi," kata dia.

Salah seorang pembeli, Sri, mengaku hanya membeli setengah kg daging untuk kebutuhan sehari-hari. "Nanti mau dimasak sayur saja, untuk empat orang cukuplah sehari," katanya.

(KR-STR)