Kulon Progo bantu alat produksi bagi lansia

id Kulon Progo bantu alat produksi bagi lansia

Kulon Progo bantu alat produksi bagi lansia

Ilustrasi warga lanjut usia (antaranews.com) (antaranews.com)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan bantuan berbagai alat produksi kepada pelaku usaha kecil lanjut usia untuk meningkatkan kemampuan, bakat, dan minat.

"Kami berharap mereka mampu mandiri serta mampu membiayai diri sendiri maupun keluarganya," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulon Progo Eka Pranyata di Kulon Progo, Senin.

Ia mengatakan bahwa bantuan itu bertujuan mendorong tumbuh kembangnya jiwa kewirausahaan yang mandiri agar menjadi unit usaha yang mandiri, meningkatkan aksesibilitas kesempatan kerja, dan menciptakan lapangan kerja bagi usia lanjut di sektor informal sekaligus mengurangi pengangguran.

"Kegiatan ini diselenggarakan Pemkab Kulon Progo bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI melaksanakan berbagai kegiatan yang berorientasi pada pemberdayaan tenaga kerja khusus--tenaga kerja usia lanjut--sebanyak satu paket," kata Eka.

Ia melaporkan bahwa bantuan kepada UMKM untuk mengembangkan usahanya. Untuk kegiatan tersebut ada pendamping tenaga kerja sarjana yang diberikan honor dari kementerian.

"Penerima bantuan juga kami harapkan menandatangani MoU yang intinya akan menggunakan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Sasaran kegiatan ini diharapkan bisa terwujud pemberdayaan tenaga kerja lansia dengan berbagai ragam jenis usaha. Penerima bantuan ini adalah lansia yang berusia 59 tahun ke atas yang produktif, memiliki minat, bakat, dan kemampuan untuk berwirausaha.

Sebanyak 20 lansia produktif dianggap layak menerima bantuan tersebut setelah dilakukan identifikasi, perekrutan dan seleksi calon peserta, penetapan peserta, pengelompokan jenis usaha, pelatihan manajemen usaha selama 2 hari, dan dilanjutkan dengan praktik produksi kerja selama 2 hari.

"Penyerahan bantuan usaha dan pendampingan usaha dilakukan oleh tenaga kerja sarjana (TKS)," katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan bahwa pemkab membantu usaha masyarakat, seperti berjualan, produksi jamu, membuat aneka kue tradisional, dan pertukangan kayu. Tujuannya untuk menghidupkan makanan lokal produksi sendiri ataupun memanfaatkan bahan lokal dalam pertukangan dalam kerangka Bela dan Beli Kulon Progo.

Terkait dengan penerima bantuan yang berusia lanjut, Bupati mendorong agar lebih banyak mengonsumsi ikan air tawar ataupun air laut karena makin bertambah usia, makin lemah kondisi tubuh.

"Tidak hanya lansia, diharapkan anak-anak juga diberi ikan laut atau ikan air tawar karena ikan ini memiliki kandungan minyak yang bermanfaat bagi kecerdasan bayi atau anak sekolah," kata Hasto.


(U.KR-STR)