Desa di Gunung Kidul cairkan dana desa

id Desa di Gunung Kidul cairkan dana desa

Desa di Gunung Kidul cairkan dana desa

Icon Gunung Kidul Handayani (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Seluruh desa di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah mencairkan dana desa yang diharapkan segera digunakan untuk percepatan pembangunan desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Bencana (BPMPKB) Gunung Kidul Rakhmadian Wijayanto di Gunung Kidul, Senin, mengatakan dana termun pertama sebesar Rp61 miliar sudah ditransfer ke masing-masing rekening desa pada Rabu (25/5).

"Dana desa termin pertama sebesar 60 persen sudah dilakukan pencairan," katanya.

Ia mengatakan pencairan dana desa tahap kedua nantinya harus rincian anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) dan melaporkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) pada tahun sebelumnya.

"Dana desa baru bisa dicairkan jika pemerintah desa sudah membuat LPJ dan rincian APBDes," kata dia.

Rakhmadian mengatakan pencairan tahap kedua akan dilakukan pada Agustus. Harapannya setiap desa menyampaikan laporan tepat waktu sehingga pembangunan di desa bisa berjalan dengan maksimal. "Tahap kedua Sekitar bulan Agustus mendatang," imbuhnya.

Ia mengatakan sampai saat ini belum ada perubahan terkait peraturan pengadaan barang. Dimana setiap desa diberikan kesempatan untuk mengatur kegiatan masing-masing.

"Desa diberikan kewenangan penuh memanfaatkan dana desa," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Songbanyu Junardi mengaku belum tahu terkait pencairan dana desa. Sampai saat ini, pihaknya hanya menerima kabar mengenai pencairan dana desa pada Mei-Juni 2016.

"Belum tahu, dana desa akan digunakan untuk pembangunan lapangan dan irigasi," kata dia.



(U.KR-STR)