Bank Sleman beri kredit UMKM tanpa bunga

id bank sleman

Bank Sleman beri kredit UMKM tanpa bunga

Bank Sleman (Foto banksleman.go.id)

Sleman (Antara Jogja) - Perusahaan Daerah Bank Sleman memberikan fasilitas kredit modal kerja tanpa bunga kepada 100 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai bentuk kepedulian kepada mereka, Selasa.

"Fasilitas kredit tanpa bunga untuk 100 UMKM ini diberikan bertepatan dengan peringatan satu abad Kabupaten Sleman," kata Direktur Utama PD Bank Sleman Moh Sigit di Sleman, Selasa.

Menurut dia, aksi peduli itu dimaksudkan untuk membantu pembiayaan dalam usaha agar dapat terus maju, berkembang dan berkesinambungan dalam usahanya.

"Selain itu Bank Sleman juga meluncurkan Kredit Usaha Bank Sleman (KUBS) dengan bunga sembilan persen per tahun, serta beberapa produk kredit Bank Sleman berupa Krisan (Kredit Sepisan) dan Krido (Kredit Kepindo) yang cukup menarik," katanya.

Ia mengatakan perkembangan kinerja Bank Sleman posisi April 2016 yakni total aset Rp631 miliar, Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp458 miliar, kredit yang disalurkan Rp493 miliar dan laba catur wulan pertama 2016 Rp8,3 miliar.

"Prestasi yang telah berhasil diraih pada awal 2016 yakni dalam ajang Top BUMD Award 2016 yang diselenggarakan Majalah Business News sebagai Top BPR 2016 dan Bupati Sleman juga dipilih sebagai Top Pembina BUMD 2016," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan beasiswa yang diserahkan oleh Wakil Bupati Sleman didampingi Dewan Pengawas Bank Sleman, serta Dirut Bank Sleman. Beasiswa untuk 100 pelajar, tahap pertama telah diserahkan bagi 25 siswa saat peluncuran tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) dan untuk saat ini dibagikan untuk pelajar SD 35 siswa @ Rp750.000, SMP 25 siswa @ Rp1.000.000, dan SMA 15 siswa @ Rp1.250.000.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan kegiatan itu merupakan wujud kepedulian Bank Sleman kepada usaha mikro dan dunia pendidikan.

"Kegiatan ini dapat menjadi contoh dan pendorong semua pihak untuk sama-sama mendukung dan memajukan usaha mikro serta dunia pendidikan," katanya.

Menurut dia, pemberian kredit kepada 100 pelaku usaha mikro merupakan langkah nyata Bank Sleman dalam mempermudah akses permodalan bagi UMKM.

"Ke depan kemudahan akses permodalan bagi UMKM dapat ditingkatkan lagi sehingga usaha mikro semakin berkembang. Kepada para pelaku usaha mikro diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan kredit tersebut dengan sebaik-baiknya untuk mendukung kemajuan usaha," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024