Kemenpar kembangkan wisata halal

id wisata halal

Kemenpar kembangkan wisata halal

Ilustrasi (Foto ANTARA)

Jakarta (Antara) - Kementerian Pariwisata mengembangkan wisata halal (halal tourism) di berbagai provinsi untuk menjaring wisatawan mancanegara, khususnya dari negara-negara di kawasan Timur Tengah, termasuk wisatawan nusantara.

"Wisata halal sangat besar potensinya,"  kata Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Watie Moerany dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, dari "Sosialisasi Strategi Kerja Sama Pemasaran Wisata Halal" di Makassar, Sulsel, pada 31 Mei - 1 Juni 2016.

Sebulan terakhir, Kementerian Pariwisata giat menggelar wisata halal di berbagai ibu kota provinsi seperti di  Jakarta  pada 10-12 Mei 2016, di Banda Aceh 18-20 Mei 2016, di Padang 23-25 Mei 2016, di Makassar 30 Mei-1 Juni 2016, dan  di Bandung pada 2-4 Juni 2016.

Menurut Watie, Menteri Pariwisata Arief Yahya telah membentuk tim percepatan pengembangan wisata halal.

"Dari analisa kajian tim percepatan pariwisata halal ini, tersusun strategi percepatan pariwisata halal yang disosialisasikan," katanya.

Kemenpar menyosialisasikan wisata halal itu kepada seluruh pemangku kepentingan pariwisata seperti kalangan industri dan bisnis pariwisata, asosiasi, hingga kalangan akademisi, Polri, Majelis Ulama Indonesia, dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan, termasuk media.

Pergerakan wisatawan Muslim di Indonesia, kata Watie, tahun lalu sangat tinggi, dari seluruh perjalanan wisatawan nusantara tahun 2015 yang mencapai 255 juta perjalanan dan pengeluaran total Rp203,61 triliun.

Menurut data Kemenpar, pengeluaran wisatawan Muslim nusantara pada tahun 2011 Rp160, 3 triliun sedangkan tahun 2015 Rp179,2 triliun.

Pada tahun 2011 sampai dengan 2015 mengalami kenaikan sebesar 7 tujun persen untuk rata-rata pertumbuhan capaian, sedangkan pada tahun 2015 sampai dengan 2019 ditargetkan mengalami kenaikan sebesar lima persen.

Lombok mendapat penghargaan dan pengakuan sebagai destinasi "World Best Halal Tourism" dan "World Best Halal Honeymoon" pada ajang kompetisi dunia "The World Halal Travel Summit/Exhbition" yang diumumkan di Uni Emirat Arab (UEA) pada 2015.

Kementerian Pariwisata juga berharap dari pengembangan wisata halal itu banyak mendatangkan wisatawan mancanegara, khususnya dari kawasan Timur Tengah.

Apalagi saat ini banyak maskapai penerbangan yang terbang dari Timur Tengah, dari Emirates, Qatar, Etihad,  reguler masuk ke Tanah Air. Kemenpar mengupayakan penambahan jumlah penerbangan langsung ke Lombok, Aceh, Bandung, Surabaya, Jakarta, Medan, Makassar, selain Bali dan Manado.

Disebutkan terdapat sekitar 140 juta perjalanan wisata dari penduduk Timur Tengah tiap tahunnya dan sebagian besar ke Eropa.

Untuk kawasan ASEAN, pilihan pertama mereka adalah ke Thailand, Singapura, Malaysia dan Indonesia.***1***(B009)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024