Bantul permudah perizinan UMKM

id bantul

Bantul permudah perizinan UMKM

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menilai kemudahan mengurus perizinan usaha mikro, kecil, dan menengah bisa untuk mempersiapkan pelaku usaha itu menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Kebijakan pemerintah daerah yang mempermudah proses IUMK (izin usaha mikro dan kecil) juga untuk mempersiapkan pengusaha menghadapi pasar MEA, karena dengan begitu mereka mempunyai legalitas usaha," kata Kepala Disperindagkop Bantul, Sulistyanto di Bantul, Rabu.

Menurut dia, Pemkab Bantul telah mempermudah pengurusan IUMK yang hanya bisa dilakukan melalui kecamatan, sebab sebelumnya kebijakan itu diberlakukan sejak pertengahan Desember 2015, pengurusan izin UMKM melalui kabupaten dengan prosedur yang lebih panjang.

Ia mengatakan, dengan kemudahan pengurusan IUMK itu akan mendorong pengusaha mikro memiliki izin, sehingga selain mempunyai legalitas dan kepastian usahanya, mereka mendapat kemudahan dalam mengakses pembiayaan di lembaga perbankan.

"Yang kita fasilitasi untuk mengakses pinjaman di bank itu mereka yang sudah berizin, harapanya ke depan semua UMKM di Bantul, sehingga usaha mereka maju dan produk mereka mampu bersaing di pasar bebas," katanya.

Ia mengatakan, sejak program pengurusan IUMK melalui kecamatan yang digulirkan sejak akhir tahun lalu itu, sampai saat ini di Bantul sudah ada sekitar 9.500 pengusaha mikro yang mengantongi IUMK. Sementara total UMUM di Bantul menurutnya mencapai sekitar 32 ribu.

"Mereka yang belum mengurus IUMK itu karena kemungkinan belum tersosialisasi dengan adanya kemudahan itu, namun saya yakin dalam beberapa tahun ke depan semua bisa mengantongi izin. Jadi ini terus bergulir," katanya.

Sulistyanto juga mengatakan, saat ini pengurusan IUMK sebagai syarat mengajukan pinjaman di bank, bisa dilakukan melalui tiga pintu, yaitu selain di kantor kecamatan wilayah domisili juga melalui tenaga pendamping kecamatan di bawah koordinasi camat serta Bank BRI Bantul.

"Inilah inovasi yang dibuat di Bantul dalam upaya mendukung perkembangan UMKM. Kami juga sudah bekerja sama dengan sejumlah bank, di antaranya BRI untuk penyaluran kredit mikro," katanya.***3***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024